News  :  
3 Jumadil Awal 1439 H

Finalisasi Lomba Posyandu Tahap Kedua Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017

Finalisasi Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan pada  14 - 15 Desember 2017, bertempat di Gedung PKK Jl.Soekarno Hatta No. 466, Bandung. Posyandu Kenanga, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal yang diketuai oleh Ibu Hj. Siti Betji Suarti, dengan beberapa inovasi: GARDU MAKAN (Gerakan Posyandu Melayani Akte Kelahiran Anak), POKOKENAK (Pojok Konsultasi dan Konseling Anak), TEMBIKAR (Teman Bicara Keluarga dan Anak), PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja), POSYANDU SMART (Layanan Posyandu Berbasis IT) berhasil maju ke babak final.

Posyandu tingkat Kota yang masuk babak final antara lain Kota Bogor, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, dan Kota Bandung dan Kabupaten. Sedangkan Posyandu tingkat Kabupaten yang maju ke babak final adalah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang.

Mewakili Kepala DPM Desa Provinsi Jawa Barat, Bapak Agus Hanafi, Kabid KPPM, pada DPM Desa Provinsi Jawa Barat. Bapak Drs. Bambang Sugianto, M.Si membuka acara Finalisasi Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat. Dilanjutkan dengan Pembacaan Tata Tertib oleh panitia dan pengundian Nomor Urutan Expose di depan Dewan Juri Lomba Posyandu. Kota Bogor mendapatkan urutan expose ke 4 dari 6 peserta Final.

Acara Penilaian dilakukan di 3 lokasi: 
1. Ruang Penilaian Finalisasi Lomba Posyandu untuk Ketua Posyandu
2. Ruang Penilaian Finalisasi Lomba Posyandu untuk Ketua Pokjanal Posyandu
3. Penilaian Stand Pameran Posyandu 

Smart Posyandu merupakan salah satu inovasi pelayanan posyandu berbasis Teknologi Informasi. Dinas kominfostandi Kota Bogor membangun aplikasi Smart Posyandu berdasarkan hasil penelaahan apa saja kegiatan yg ada di posyandu, analisa data format 1 sd format 6 dan wawancara dengan kader posyandu. 

Sebelumnya, pelayanan posyandu dicatat secara manual melalui format 1 sd format 6. dengan aplikasi ini data pelayanan di jadikan data digital. data bisa dilihat dan ditampilkan dimana saja dan kapan saja dengan koneksi internet melalui domain http://smartposyandu.kotabogor.go.id.

Kader posyandu memasukkan data wus, pus, ibu hamil, ibu melahirkan/menyusui.
Selanjutnya kader memasukkan data pemberian kapsul penambah darah dan penimbangan ibu hamil, penimbangan bayi dan balita tiap bulan, pemberian imunisasi dll. Sebagai hasilnya, data-data tersebut dapat dibuat laporan, baik berupa chart, grafik maupun laporan.

Dengan Aplikaai ini, sasaran pos yandu seperti  ibu hamil, ibu melahirkan/menyusui hanya dengan memasukkan NIK mereka pada aplikasi melalui komputer PC, laptop dan HP,  akan dapat melihat tampilan yg berisi informasi data diri sasaran, data bayi, data balita beserta riwayat penimbangan, tanggal imunisasi, dll.

Editor : Diskominfostandi Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Gunakan Software Legal
Internet Sehat dan Aman
Berita Terbaru

Pembinaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur Kota Bogor

Sosialisasi Masterplan dan Quick Win Smart City Kota Bogor Tahun 2017 - 2022

Workshop Aplikasi SIMRAL Penatausahaan

Finalisasi Lomba Posyandu Tahap Kedua Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017

Kalendar
News On Kominfo