Hubungi Kami       

2 Syawal 1441 H

Pembukaan Training Sistem Informasi (SIM) Wilayah

pembukaan-training-sistem-informasi-(sim)-wilayah.jpg

Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor, bekerjasama dengan BPPT Ipteknet mengadakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Wilayah bagi aparat kelurahan se Kota Bogor bertempat di SMKN 3 Bogor. Acara secara resmi dibuka oleh Walikota Bogor, Bima Arya, pada Rabu 25 Juni 2014 dan diselenggarakan selama dua hari.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kominfo, Chusnul Rozaqi, mengatakan Sistem Informasi Manajemen mutlak harus dikuasai saat ini, mengingat sudah begitu berkembangnya sistem informasi teknologi dan pemanfaatannya di hampir semua bidang. “Dalam era globalisasi ini, Pemerintah sebagai pelayan publik dapat memanfaat Sistem Informasi Manajemen sebagai feedback dari masyarakat untuk pertimbangan mengambil keputusan,” . Dengan mengembangkan SIM Wilayah di kelurahan, masyarakat akan dimudahkan dalam mengurus keperluan administrasi dengan memanfaatkan NIK yang ada di KTP-el.

Mengenai keberadaaan website Pemerintah Kota Bogor, Kepala Kantor Kominfo berjanji ke depan, portal web tersebut akan lebih diperbaiki lagi fungsinya. “Nanti akan ada sub domain dari SKPD, dan memiliki tautan fungsi twitter, facebook, youtube, di dalamnya, sehingga masyarakat dapat berinteraksi secara aktif,” lanjut Kepala Kantor Kominfo.  Hal ini menurutnya sesuai dengan misi keempat Kota Bogor yaitu mencerdaskan Kota Bogor dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan perkembangan Kota Bogor yang sangat pesat akan menimbulkan bermacam ekses, karena itu pemerintah harus melakukan berbagai lompatan. “Informasi dan teknologi yang dikuasai akan bisa dijadikan pijakan untuk melompat. IT dapat digunakan untuk tranparansi, efisiensi, dan partisipasi bagi pemerintah dan masyarakat dalam proses pembangunan yang sedang dilaksanakan,” jelas Bima. Melalui Pelatihan SIM ini Bima harap dapat  membangun masyarakat cerdas yang berwawasan teknologi informasi komunikasi dan dapat mewujudkan Bogor Smart City. “Tantangan yang terbesar adalah SDM dan kultur, itu sangat berat, tapi kita percaya dengan niat tulus dan kebersamaan, Bogor pasti bisa,” tutup Bima.

Sebenarnya apa itu SIM? Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah bidang yang mulai berkembang sejak tahun 1960an. Walau tidak terdapat konsensus tunggal, secara umum SIM didefinisikan sebagai sistem yang menyediakan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, serta pengambilan keputusan sebuah organisasi. SIM juga dikenal dengan ungkapan lainnya seperti: “Sistem Informasi”, “Sistem Pemrosesan Informasi”, “Sistem Informasi dan Pengambil Keputusan”.

SIM menggambarkan suatu unit atau badan yang khusus bertugas untuk mengumpulkan berita dan memprosesnya menjadi informasi untuk keperluan manajerial organisasi dengan memakai prinsip sistem. Dikatakan memakai prinsip sistem karena berita yang tersebar dalam pelbagai bentuknya dikumpulkan, disimpan serta diolah dan diproses oleh satu badan yang kemudian dirumuskan menjadi suatu informasi. 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

News On Kominfo