Hubungi Kami       

27 Syawal 1445 H

Tipe-Tipe Creative Blocks yang sering dialami para designer dan cara mengatasinya

tipe-tipe-creative-blocks-yang-sering-dialami-para-designer-dan-cara-mengatasinya.png

Ini merupakan situasi yang lazim dan sering dialami kebanyakan orang yang bekerja di bidang seni, termasuk visual designer dan graphic designer. Creative block ini bisa datang kapan saja dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Setiap orang pun mengalami creative block yang berbeda-beda. Kebanyakan dari creative block ini berasal dari penyebab yang kita tidak sadari. Realitanya, penyebabnya juga berasal dari diri kita sendiri. 

Berikut tipe tipe Creatuve blocks tanpa kita sadari:

1.Overthinking

overthinking atau lebih dikenal dengan berpikir berlebihan. Overthinking ini merupakan sebuah akar dari kecemasan, seringkali kita hadapi ketika menjelang tidur. Mungkin kamu sering meragukan diri kamu sendiri, atau juga suka bertanya-tanya apakah hal yang kamu lakukan sudah benar atau bahkan sebaliknya. Hal ini akan menghambat diri kamu untuk berkembang. Rasa takut kegagalan yang berlebihan membuat kamu semakin sulit untuk bergerak atau keluar dari zona nyamanmu.

Untuk itu, solusinya yaitu ubah rasa ketakutanmu menjadi sebuah motivasi dan tanamkan dalam pikiranmu. Selain itu juga, kamu harus terus berpikir positif. Walaupun tidak mudah, mungkin kamu bisa terapkan sedikit demi sedikit.

2. Overworked

Banyaknya permintaan yang datang dan ide-ide yang belum terealisasikan bisa membuat kamu stress sehingga menghambat ide-ide kreatif-mu. Selain itu, bekerja terlalu lama yang melebihi kapasitas diri kamu juga akan membuat kamu lelah, sehingga sulit untuk berpikir kreatif.

Maka dari itu, kamu harus bekerja sesuai dengan porsi diri kamu. Jangan sampai kamu seorang yang ambisius yang ingin semua pekerjaan diselesaikan dengan cepat, tapi malah membuat diri kamu stuck untuk berpikir, lebih parah lagi kamu bisa sakit. Untuk itu, kamu harus menjaga keseimbangan diri antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Selain itu juga, kamu harus berani untuk menolak permintaan yang memberatkan diri kamu.

3. Merasa kesulitan buat mulai dan suka nunda-nunda

kesulitan untuk memulai suatu tugas atau kebiasaan baru, serta kebiasaan menunda-nunda, adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang terutama Designer. Salah satu penyebabnya bisa menjadi kurangnya motivasi, di mana ketiadaan dorongan untuk melakukan tugas membuat kita cenderung menghindar atau menundanya. Selain itu, kecemasan atau ketakutan terhadap hasil yang mungkin buruk dari tugas tersebut bisa membuat kita menunda-nunda. Rasa takut akan kegagalan atau tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik seringkali menjadi penghambat yang signifikan.

Untuk mengatasi kesulitan ini, membuat rencana yang terstruktur dengan membagi tugas besar menjadi langkah-langkah kecil dan menetapkan tenggat waktu untuk setiap langkah dapat membantu mengatasi perasaan kewalahan.

Semoga dengan penjelasan diatas dapat dipahami dan penting untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri dan memberi diri kita ruang untuk kesalahan dan pembelajaran. Dengan kesabaran dan konsistensi, kita dapat mengembangkan kebiasaan yang lebih produktif dan efisien.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo