Hubungi Kami       

26 Dzulqaidah 1443 H

Serba-Serbi Seputar 5G

serba-serbi-seputar-5g.png

Jaringan 5g  merupakan salah satu teknologi paling cepat dan kuat yang pernah ada saat ini, Jaringan 4G perlahan akan segera digantikan karena kemunculan jaringan 5G. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mempersiapkan rencana kehadiran jaringan 5G di Indonesia tersebut, hal tersebut telah tertuang pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.2 tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020-2024.
Jaringan 5G tersebut kini sudah tersedia di Indonesia,Telkomsel dan Indosat Ooredoo merupakan dua perusahaan yang telah mendapatkan izin untuk menyediakan layanan 5g secara komersial. Meski Jaringan 5G adalah jaringan baru di Indonesia, tetapi Pemerintah telah mengakui bahwa jaringan tersebut dapat menghadirkan kecepatan data yang sangat fantastis dan latensi rendah. 

Berikut serba-serbi jaringan 5G yang perlu diketahui:
1. Dapat Berfungsi pada Smarphone 4G/LTE
Dikutip dalam Mobile App Daily, pengguna dapat mengakses jaringan 5G pada smartphone 4G/LTE (Long-Term Evolution). Tetapi produsen ponsel akan merilis varian smartphone khusus 5G untuk memanfaatkan teknologi itu agar lebih maksimal.
2. Peningkatan Kecepatan
Peningkatan bandwitdh yang dimiliki jaringan 5G tentunya berpengaruh juga pada kecepatan, Pengguna  akan mendapatkan sinyal yang lancar tanpa adanya gangguan dari pengguna lain. Jaringan 5G dapat dikatakan bisa beroperasi dengan kecepatan yang dapat dibilang ribuan kali lebih cepat dibandingkan di jaringan 4G. hal tersebut dikarenakan banyaknya jaringan yang didedikasikan untuk masing-masing smartphone, perangkat tersebut tentunya akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.
3. Jaringan 5G lebih boros kuota
Teknologi jaringan 5G menghadirkan pengalaman yang lebih cepat daripada generasi sebelumnya, yaitu dengan menyuguhkan koneksi data yang lebih cepat. Dikarenkan semakin cepat koneksi data tersebut, maka akumulasi data yang dihabiskan bisa lebih besar, akan tetapi boros atau tidak penggunaan data tergantung pada penggunaan dikutip dari Telkomsel.
4. Hemat Energi
Kecepatan transmisi 5g super cepat membuat jaringan 5G hemat energi, Jaringan 5G sebelumnya sudah dirancang untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 10% daripada jaringan 4G. Hal tersebut bertujuan agar mengurangi konsumsi tenaga yang lebih banyak dengan  mengurangi trafik data. Pada Jaringan 5G juga mempunyai fitur sleep mode yang akan membuat smartphone akan jauh lebih hemat energi.
5. Uji Coba 5G di Indonesia
Dikarenakan masih percobaan saat ini jaringan 5g hanya tersedia di beberapa wilayah di Indonesia. 6 di antaranya adalah pada wilayah residensial di Tangerang Selatan dan DKI Jakarta , diantaranya Kelapa Gading, Pondok Indah, , Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, dan Kawasan Alam Sutera dan BSD. Secara bertahap layanan komersial 5G Telkomsel juga akan hadir di sejumlah kota di Indonesia, diantaranya, Medan, Bandung, Solo,  Batam, Surabaya, Denpasar, Makassar,  dan Balikpapan.
Sumber data : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) , liputan 6 , Orami

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo