Hubungi Kami       

12 Rabiul Akhir 1446 H

Diskominfo Kota Bogor Gelar Rapat Persiapan Evaluasi SPBE

diskominfo-kota-bogor-gelar-rapat-persiapan-evaluasi-spbe.png

Bogor, 14 Oktober 2024 –  Pelaksanaan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE akan dilaksanakan besok Selasa 15 Oktober 2024, sebagai persiapan Diskominfo Kota Bogor menggelar rapat persiapan evaluasi di Paseban Narayana secara Hybrid (daring dan luring). Rapat Persiapan ini dibuka Oleh Asisten Administrasi Umum, Rakhmawati dan dipimpin oleh Sekretaris Diskominfo Kota Bogor, Oki Tri Fasiasta serta dihadiri oleh seluruh PIC SPBE perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.

Persiapan ini juga dihadiri oleh konsultan SPBE Diskominfo Kota Bogor dari Digitama, Radit dan Dita. Konsultan ini diperlukan untuk memberikan masukan atas penilaian sementara yang dikeluarkan oleh tim evaluator.

“Mudah-mudahan dengan persiapan ini nanti kita semua pada hari ini memiliki kesiapan dan pemahaman serta pandangan terkait bagaimana tingkat kematangan pada SPBE yang akan dievaluasi”, harap Oki.

Tingkat kematangan SPBE Kota Bogor pada beberapa indikator mengalami kenaikan akan tetapi banyak juga indikator yang mengalami penurunan pada penilaian sementara.Metode evaluasi  seperti sebelumnya dilaksanakan secara  daring. Dengan keterbatasan yang ada konsultan diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana proses penilaian nantinya, apakah difase audit nanti ada sanggah dan waktu untuk memberikan data dukung kepada evaluator. Karena pada evaluasi sebelumnya tidak membuka support kondisi yang realitas seperti waktu yang dibatasi dan evaluator yang diganti sehingga ini menjadi tantangan bagi pemerintah daerah yang diaudit.

Dalam penilaian kematangan SPBE , tiap evaluator menangani 5 lokus di Pemerintah Daerah, dengan begitu banyaknya indikator dan data dukung yang panjang menjadi tantangan tersendiri bagi tim evaluator maupun pemerintah daerah yang dinilai. Tantangan lain dalam penilaian SPBE, tim evaluator memiliki perspektif yang lebih ketat dan kendala dalam penginputan atau pengisian indikator seperti salah upload sehingga ini dapat menurunkan nilai kematangan SPBE.

Peniliain SPBE dilaksanakan dua tahun sekali dimulai tahun 2021 kemudian 2023. Akan tetapi dikarenakan RPJMN akan berakhir maka penilaian SPBE Nasional harus sudah tersedia dan bersifat insidental.

“Pada tahun ini Januari 2024 Pemkot Bogor mendapatkan nilai SPBE sebesar 3.72 dan Bulan mei 2024 sudah dievaluasi kembali”, Jelas Radit.

Penilaian sementara ini dapat dimaksimalkan oleh Pemerintah Daerah untuk bisa mempersiapkan dna meluruskan hal-hal yang kurang pada setiap indikator.

Rapat persiapan menyediakan sesi tanya jawab. Sehingga hal-hal yang dirasa belum sesuai bisa diperbaiki dan disesuaikan dengan kondisi ril.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Streaming Sipatahunan
Pengumuman

Booklet Smart City Kota Bogor 2024

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo