Hubungi Kami       

28 Safar 1444 H

FGD Smart City dalam rangka "Penyusunan Road Map Integrasi Aplikasi Penunjang Smart City Kota Bogor "

fgd-smart-city-dengan-tema-.jpeg

Senin, 8 Agustus 2022 Diskominfo Kota Bogor melaksanakan kegiatan FGD Smart City dalam rangka “Penyusunan Road Map Integrasi Aplikasi Penunjang Smartcity di Kota Bogor”. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Gedung DPRD Kota Bogor, yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 8 Agustus dan Selasa, 9 Agustus dan dihadiri oleh JFT Pranata Komputer Diskominfo Kota Bogor. Achmad Sandy Bukhari, S.Kom. beserta jajarannya, serta perwakilan dari BKPSDM, Bapenda, BKAD, dan Disperumkim.

Kegiatan dimulai dengan Pembukaan dan Laporan Ketua Pelaksana, Achmad Sandy Bukhari, S.Kom yang menjelaskan maskud dan tujuan dari kegiatan ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Konsep Aplikasi Terintegrasi Penunjang Smart City” yang disampaikan oleh Dian Istanti, S.Sos., M.A.P selaku Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Soni Fajar Surya Gumilang, S.T, M.T dari Telkom University mengenai “Smart Government”.

Kegiatan FGD Smart City hari pertama diakhiri dengan diskusi bersama seputar materi dan sesi tanya jawab bersama narasumber.

Pada Selasa, 9 Agustus 2022,  Diskominfo Kota Bogor melanjutkan rangkaian kegiatan FGD Smart City dalam rangka "Penyusunan Road Map Integrasi Aplikasi Penunjang Smartcity di Kota Bogor". 
Rangkaian kegiatan hari ke-2 ini dilaksanakan di ruang rapat Gedung DPRD Kota Bogor yang dihadiri oleh JFT Pranata Komputer Diskominfo Kota Bogor. Achmad Sandy Bukhari, S.Kom. beserta jajarannya, serta perwakilan dari BPKSDM, Bapenda, BKAD, dan Perumkim. 

Kegiatan dibuka oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Diskominfo Yani Kurniasih S.Kom, M.P. dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Achmad Shandy Bukhori S.Kom selaku Penanggung Jawab Kegiatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai "Penerapan Super Apps Smart City di Sumedang" yang disampaikan oleh Arief Syamsudin, S.Pd, M.T. selaku Kepala Bidang Informatika Diskipas Kabupaten Sumedang. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan mengenai garis besar SPBE di kota Sumedang serta hal - hal yang telah dilakukan dan di terapkan di Kabupaten Sumedang "kami membangun pemerintahan yang smart, Open, Efficient, Proximity serta tentunya layanan yang dekat dengan masyarakat." Paparnya. 

Beliau memaparkan pula mengenai adanya Super App "Tahu Sumedang " yang telah memuat banyak aspek layanan yang tentunya berbasis elektronik bagi masyarakat Kab. Sumedang.

Pemaparan materi selanjutnya di sampaikan oleh Indra Gilang Wibawa selaku CEO, Founder CIPTADRA SOFTINDO mengenai "Best Practice Smartcity / Mengelola Smart City Melalui Aplikasi" dalam pemaparannya beliau menjelaskan mengenai penyusunan Road Map Integrasi Aplikasi yang dapat menunjang Smartcity dikota Bogor serta berbagai sudut pandang yang diperlukan dalam penyusunannya.

Achmad Sandy Bukhari, S.Kom membahas pula mengenai perencanaan pembentukan  platform yang akan dikoordinasikan terkait persiapan yang dibutuhkan "untuk saat ini aplikasi yang terintegrasi adalah aplikasi SPLP sebagai penengah dari aplikasi lainnya agar semua terdata secara keseluruhan serta memudahkan,  selanjutnya akan diperkenalkan secara bertahap untuk setiap perangkat daerah terakit adanya integrasi data." Tuturnya.

Selanjutnya, kegiatan FGD Smart City hari ke-2 ini diakhiri dengan diskusi bersama seputar materi dan sesi tanya jawab bersama Indra Gilang Wibawa selaku Narasumber.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo