Hubungi Kami       

6 Dzulhijjah 1445 H

Apa itu Captcha Beserta Jenis-Jenisnya

apa-itu-captcha-beserta-jenis-jenisnya.jpg

Dalam kehidupan masa kini, tentunya kita tidak terlepas dari penggunaan internet. Internet sering digunakan untuk mencari informasi. Tapi pernah tidak, ketika mencari informasi dan membuka sebuah situs, kamu melihat ada tulisan “i’m not a robot” dan harus memasukan huruf atau kata? Ternyata itu dinamakan CAPTCHA. Tapi, apa sih CAPTCHA itu dan bagaimana fungsi sebenarnya?

Apa Itu CAPTCHA?

CAPTCHA (biasa disebut cap-ch-cu) merupakan singkatan dari Completely Automatic Public Turing Test to Tell Computers and Human Apart. Jadi, dapat diartikan bahwa CAPTCHA adalah sebuah metode untuk mengetahui kalau isian dalam pembuatan akun media sosial atau akun lainnya itu diisi oleh manusia dan bukan sebuah program komputer. Sebelum metode CAPTCHA dikembangkan, metode serupa yang digunakan untuk mengetahui isian dalam akun media sosial atau akun lainnya itu bernama Turing Test.

Turing Test merupakan test sederhana yang diciptakan oleh Alan Turing. Tes ini berisi beberapa pertanyaan untuk mengetahui mana responden atau pengunjung situs yang merupakan manusia dan mana yang merupakan mesin atau program komputer. Jadi, dapat dikatakan kalau CAPTCHA adalah versi modern dari Turing Test yang lebih akurat. CAPTCHA sendiri sudah mulai digunakan pada tahun 2000 dan masih terus dikembangkan hingga saat ini.

 

 Mengenal Jenis-Jenis CAPTCHA

Seiring berkembangnya CAPTCHA, jenis-jenisnya pun ternyata semakin bervariasi. Berikut beberapa jenis CAPTCHA yang mungkin sering kita lihat dan temui!

1.      Text CAPTCHA

Text CAPTCHA merupakan salah satu jenis CAPTCHA yang sederhana dan sering ditemui. Kita mungkin sering menemuinya juga di berbagai situs di internet. Text CAPTCHA ini meminta kita untuk memasukan beberapa angka, huruf, atau kombinasi keduanya yang ditampilkan

2.      Picture Recognition CAPTCHA

Picture Recognition CAPTCHA juga merupakan salah satu jenis CAPTCHA yang paling sering ditemui di internet. CAPTCHA jenis ini akan menampilkan beberapa kotak berisi foto dan kita harus memilih foto yang sesuai dengan keyword yang ada. Misalnya, CAPTCHA meminta untuk kita memilih foto crosswalk. Maka kita tinggal memilih kotak berisi foto crosswalk dan klik “next” untuk lanjut, atau klik “skip” kalau tidak ada foto crosswalk.

3.      I am not a robot CAPTCHA

I am not a robot CAPTCHA merupakan jenis CAPTCHA yang sangat mudah. Jika kamu bertemu CAPTCHA jenis ini, kamu hanya perlu mengklik sebuah kotak hingga muncul sebuah ceklis untuk menyatakan kalau kamu bukan sebuah robot.

 

Itu dia beberapa penjelasan mengenai CAPTCHA dan beberapa jenis-jenisnya. Dari beberapa jenis CAPTCHA yang sudah dijelaskan, mana nih CAPTCHA yang paling sering kamu temukan?

 

Sumber gambar: https://fixthephoto.com/best-free-captcha-sources.html 

Penulis: Alda Mevia

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo