Hubungi Kami       

26 Dzulqaidah 1443 H

Radio dan Perkembangannya

radio-dan-perkembangannya.jpg

Di era modern ini, semua aspek kehidupan semakin tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Hal ini tentunya didasari oleh perkembangan teknologi yang kian hari kian berkembang pesat. Alat komunikasi yang dulu terbatas dan hanya dimiliki oleh sedikit orang, kini semakin bervariasi dan dimiliki oleh hampir seluruh orang dari berbagai kalangan, baik orang dewasa, remaja, bahkan kanak-kanak. Tapi kamu tahu tidak, kalau dulu sebelum smartphone beredar dikalangan masyarakat, ada satu alat komunikasi yang cukup populer. Apakah itu? Apalagi kalau bukan radio.

Radio merupakan salah satu alat komunikasi satu arah yang cukup populer pada zamannya. Radio sendiri merupakan alat komunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan gelombang suara dengan cara modulasi. Pada awalnya, radio ini digunakan untuk mengirimkan pesan berupa kode morse antara kapal dan penerima dalam keperluan maritim. Tapi, seiring berjalannya waktu, kegunaan radio semakin banyak. Penggunaannya tidak hanya untuk mengirimkan pesan, tapi sudah berkembang menjadi sarana informasi dan hiburan karena banyaknya program radio seperti program drama, komedi, musik, dan berita.

Setelah berkembangnya teknologi sejak ditemukannya internet, radio pun tidak kalah dan ikut berevolusi. Makanya tak heran, saat ini pasti kita tidak asing dengan istilah radio streaming. Secara prinsip, sebenarnya radio streaming dan radio konvensional tidak jauh berbeda. Gelombang suara sama-sama di transmisikan, hanya saja dengan medium yang berbeda. Prinsip ini memungkinkan siaran radio streaming dapat terdengar ke seluruh dunia, tentunya dengan pengaruh internet. Karena akses yang lebih luas dan lebih mudah dijangkau, banyak radio di Indonesia yang mengolaborasikan sistem radio analog dengan radio internet.

Itu dia radio dan berbagai perkembangannya. Tapi, meskipun sudah semakin berkembang, ternyata banyak orang yang sudah tidak mendengarkan radio loh! Kalau kamu, masih mendengarkan radio tidak?

 

Sumber foto    : tagar.id
Penulis             : Alda Mevia

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo