Hubungi Kami       

16 Syawal 1445 H

Pelatihan Smart Posyandu dan Pengembangan Posyandu Bagi Kader

pelatihan-smart-posyandu-dan-pengembangan-posyandu-bagi-kader.jpeg

BOGOR - Pelatihan Smart Posyandu dan Pengembangan Posyandu bagi kader yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Menteng Kecamatan  Bogor Barat(14/07/2020). Dihadiri oleh para kader posyandu se-Kelurahan Menteng dan menghadirkan narasumber dari Dinas Kominfo Kota Bogor Kasi Layanan Aplikasi dan Sistem Integrasi Rudi Laksamana Kusuma.  Kegiatan ini akan terus disosialisasikan kepada para kader posyandu hingga ke-68 kelurahan di Kota Bogor setiap hari.

Kasi Layanan Aplikasi dan Sistem Integrasi Rudi Laksamana Kusuma mengatakan Smart Posyandu ini merupakan suatu aplikasi pelayanan posyandu secara digital yang dibuat oleh generasi muda di Kota Bogor. Adanya aplikasi ini, diharapkan mampu meringankan pekerjaan para kader posyandu dalam merekap dan menyusun data, seperti menginput data bayi balita, WUS, PUS, ibu hamil dan menyusui, catatan kematian, serta keluarga sejahtera. Selain itu juga mampu membantu kader dalam menginput layanan kesehatan seperti pengukuran tinggi dan berat badan, pemberian imunisasi, vitamin, obat cacing dan penambah darah, pemeriksaan serta kontrasepsi. Dalam aplikasi ini pun memudahkan kader untuk mencatat pengeluaran dan pemasukkan kas dalam posyandu.

Adapun yang melatar belakangi pembuatan aplikasi ini adalah sudah masuknya kita ke era Smart City, maka para aparatur juga ingin membuat sistem Smart Government dalam bentuk pemberian literasi kepada kader posyandu untuk menggunakan sistem teknologi, informasi dan komunikasi dalam pelayanan posyandu. Tentunya, dengan adanya inovasi ini diharapkan mampu memudahkan seluruh kader posyandu dalam menampilkan data.

Selanjutnya Rudi mengungkapkan “Adanya aplikasi Smart Posyandu ini akan memudahkan kader posyandu dalam rangka perapihan data-data arsip dan data layanan. Mencatat data secara analog akan berbeda dengan  pencatatan secara digital selain lebih praktis juga efisien."

Sementara itu Warga terlihat antusias untuk mengikuti sosialisasi tersebut dan mengikuti petunjuk seperti yang disampaikan oleh narasumberDengan adanya inovasi seperti ini mampu meringkankan pekerjaan mereka dalam menyusun data.

“Adanya aplikasi ini bagus banget ya bagi saya, dan memudahkan kita para kader. Jadi laporannya gak harus ditulis secara manual. Karena kalau manual kan ribet, dan yang namanya laporan gak bisa ditebak, jadi ini bisa membantu sekali. Meskipun kadang ada kendala, tapi seenggaknya bikin laporannya bisa lebih cepat” hal itu disampaikan Santi selaku Ketua Posyandu Cempaka RW 18 Kelurahan Menteng.

 

 

 

Editor : Operator Diskominfo

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo