Hubungi Kami       

12 Dzulqaidah 1445 H

Apakah Google Drive Anda penuh? Berikut Cara Mengatasinya

Google Drive merupakan layanan cloud storage yang sering digunakan pengguna untuk menyimpan berbagai file dokumen, foto, video, dll. Jika Anda adalah pengguna setia Google Drive, Anda pasti sudah tahu bahwa Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan penyedia cloud storage lainnya. Ini karena Google Drive menawarkan ruang penyimpanan gratis 15 GB kepada pengguna. 

Namun, terkadang kita menyimpan terlalu banyak  file dan tidak mengelolanya dengan baik, sehingga  kapasitas penyimpanan kita penuh.

Cara Mengatasi Google Drive Full

1. Hapus file yang tidak perlu

Cara termudah untuk membersihkan Google Drive adalah menghapus file yang tidak perlu. Jika Anda tidak tahu file mana yang perlu Anda hapus, Anda dapat mulai dengan memilih file yang kedaluwarsa atau tidak diinginkan. Anda mungkin sudah tahu cara menghapus file di Google Drive, tapi begini caranya.

Klik kotak di samping file yang ingin Anda hapus untuk memilihnya. Kemudian klik ikon tempat sampah di bagian atas layar. Menghapus file satu per satu akan sangat memakan waktu. Untuk menghapus file dengan segera, caranya tidak jauh berbeda.

Sorot setiap file yang ingin Anda hapus dengan mengarahkan kursor ke file yang tidak lagi Anda perlukan. Kemudian klik ikon tempat sampah di bagian atas layar.

2. Hapus File Duplikat

Memindahkan atau menyalin file di Google Drive dapat membuat file duplikat secara tidak sengaja. File duplikat dapat menggunakan ruang disk yang tidak perlu. Jadi tolong hapus file duplikat yang ada di Google Drive. Cara menghapus file duplikat.

Temukan file duplikat menggunakan fungsi pencarian Google Drive. Setelah itu, klik ikon tempat sampah untuk menghapus file duplikat.

3. Kompres File Besar

Jika Anda memiliki file besar di Google Drive, pertimbangkan untuk mengompresnya. Kompresi file mengurangi ukuran file tanpa mengorbankan kualitas. Ada berbagai program perangkat lunak yang dapat membantu mengompres file seperti: B.WinZip atau 7-Zip. Setelah mengompresi file, Anda dapat menghapus file asli untuk menghemat ruang disk.

4. Simpan Foto dan Video menggunakan Foto Google

Atau, jika Anda sering menyimpan foto dan video ke Google Drive, Anda dapat menggunakan Google Foto. Google Foto memungkinkan Anda menyimpan foto dan video tanpa batas hingga 16 megapiksel dan resolusi 1080p secara gratis. Ini memungkinkan Anda mengelola foto dan video dengan lebih baik sekaligus mengurangi beban penyimpanan Anda di Google Drive.

5. Buat Folder untuk Mengatur File

Membuat folder untuk mengatur file Anda dengan benar juga dapat membantu menghemat ruang di Google Drive. Dengan membuat folder, Anda dapat mengatur file menurut jenis atau subjek dengan mudah. Memiliki folder di Drive menghilangkan kebingungan dan kekacauan di Google Drive saat mencari file.

6. Hapus Cadangan Android

Anda dapat menghapus cadangan Google Drive di ponsel Android saat berhenti menggunakan ponsel. Ini sangat berguna untuk mengosongkan penyimpanan Google Drive. Metodenya adalah sebagai berikut.

Buka Google Drive

Pilih "Storage" Klik "Backup" di pojok kanan atas Google Drive.

Anda akan melihat daftar ponsel yang menggunakan akun Google Drive Anda sebagai cadangan

Klik kanan ponsel Android Anda dan pilih Hapus Cadangan.

Itulah beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi Google Drive lengkap. Selamat mencoba!

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo