Hubungi Kami       

23 Syawal 1445 H

MENGENAL APLIKASI THREADS RILISAN INSTAGRAM YANG TRENDING DI TWITTER

mengenal-aplikasi-threads-rilisan-instagram-yang-tranding-di-twitter.jpg

 

Kemunculan threads langsung ramai dibicarakan, nama Threads sampai menjadi trending topik ditwitter dengan jumlah tweet yang telah mencapai 2,24 juta dari mancanegara.

Sebenarnya apa sih itu aplikasi Threads?

Threads diposisikan sebagai aplikasi pendamping Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk membuat percakapan public secara real-time. Aplikasi ini kemudian dihadirkan dengan pengalaman baru yang membawa hal hal baik di Instagram seperti pengalaman yang ditujukan untuk membuat teks, ide, hingga mendiskusikan berbagai topik yang ada dipikiran penggunanya. Menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, Threads memang dibuat sebagai ruang publik untuk menjalin percakapan yang terbuka bagi umum dan bersahabat.

 Pengguna Instagram yang ingin membuat akun Threads bisa loh langsung menghubungkan dengan akun Instagram miliknya. Seluruh informasi termasuk username, foto dan profil Instagram akan muncul di Threads nantinya.

Pengalaman yang ditawarkan aplikasi Threads memang memiliki banyak kemiripan dengan Twitter. Sehingga, Spekulasi tentang aplikasi Threads yang dirilis Mark Zuckerburg seperti kloningan Twitter. Ternyata, Threads memiliki banyak perbedaan jika dibandingkan dengan aplikasi milik Elon Musk tersebut. Sebagai berikut:

Cara buat akun baru

Threads mengharuskan pengguna memiliki akun Instagram. Jadi saat kita ingin membuat profil baru, Threads hanya memberikan opsi untuk memindahkan informasi dari akun Instagram miliknya yang dihubungkan seperti bio, foto profil, link dan centang biru pada Instagram jika ada. Sedangkan, pengguna Twitter memiliki banyak opsi untuk membuat akun baru.

Jumlah Karakter

Pengguna Threads bisa mengunggah postingan dalam bentuk teks hingga 500 karakter. Dan pengguna Threads bisa membagikan foto, GIF, dan video dengan durasi hingga 5 menit. Sedangkan, Twitter memiliki batas karakter hingga 280 karakter untuk pengguna biasa dan pengguna yang berlangganan Twitter Blue bisa posting tweet hingga 25.000 karakter.

Timeline dan trending topic

Threads memiliki satu timeline yang berisi thread dari akun yang diikuti dan direkomendasikan oleh algoritma. Saat ini thread belum ada opsi yang menampilkan thread secara kronologis atau tab following yang hanya menampilkan thread dari yang diikuti. Sedangkan, Twitter memiliki dua tab yaitu Following yang menampilkan tweet dari akun yang diikuti dan For You yang menampilkan Tweet dari akun yang diikuti dan direkomendasikan dengan susunan acak.

Data yang dikumpulkan

Threads selain mengumpulkan data umum seperti kontak, lokasi dan Riwayat pencarian, Threads juga mengumpulkan data yang lebih pribadi dan sensitive seperti Health & fitness dan informasi keuangan. Sedangkan Twitter  hanya mengumpulkan data yang terbilang cukup umum seperti kontak,Riwayat browsing, dan lain lain.

Itulah penjelasan apa itu Threads yang resmi diluncurkan. Sejak hadir, aplikasi ini langsung disebut-sebut sebagai pesaing media sosial Twitter. Saat ini kamu bisa menemukan aplikasi Threads secara resmi di Google Play Store bagi pengguna HP Android dan Apple App Store bagi pengguna iOS. Atau bisa juga langsung melalui link download Threads berikut ini:

Google Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.barcelona

Apple App Store https://apps.apple.com/us/app/threads-an-instagram-app/id6446901002

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo