Hubungi Kami       

12 Dzulqaidah 1445 H

Jangan Download GB WhatsApp! Ini Risiko yang Bisa Terjadi

WhatsApp sebagai aplikasi pesan terpopuler mendapat tantangan hebat dengan kemunculan GB WhatsApp. Mencatut nama WhatsApp, GB WhatsApp adalah aplikasi ilegal yang berbahaya bagi keamanan data dan perangkat penggunanya. Meski punya fitur menggoda, banyak risiko yang mengintai Anda jika menginstal GB WhatsApp.

Mengenal Apa Itu GB WhatsApp

GB WhatsApp atau WA GB punya tampilan yang menyerupai aplikasi, tapi dengan beberapa fitur tambahan. Seperti sudah disinggung sebelumnya, ini adalah versi modifikasi dari WhatsApp resmi yang telah dibuat oleh pengembang (developer) pihak ketiga.

Karena dibuat oleh pengembang pihak ketiga, GB WhatsApp tidak punya koneksi ke WhatsApp Inc sama sekali. Kemunculan GB WhatsApp bertujuan untuk menambahkan beberapa fitur lain yang tidak dimiliki WhatsApp resmi.

Aplikasi ilegal ini sejatinya hanya bisa digunakan di Android. Namun, Anda tidak akan menemukannya di Play Store karena GB WhatsApp hanya bisa diunduh via APK dari sumber pihak ketiga.

Bahaya GB WhatsApp

Menginstal GB WhatsApp apalagi sampai menggunakannya bukan pilihan yang bijak dan berisiko. Penggunaan GB WhatsApp berbahaya karena perangkat Anda bisa disadap dan rawan pencurian data. Berikut bahaya GB WhatsApp yang bisa terjadi :

1. Ancaman Diblokir

WhatsApp diklaim bakal menindak tegas pengguna GB WhatsApp dengan melakukan blokir akun, secara sementara hingga permanen. WhatsApp juga menyatakan tidak bertanggung jawab atas penggunaan aplikasi GB WhatsApp karena tidak dapat divalidasi keamanannya.

2. Ancaman Virus

GB WhatsApp berpotensi merusak smartphone anda dengan menghadirkan ancaman virus yang lebih berbahaya. Ini terjadi karena tidak adanya sistem Play Protect atau proteksi lain dari GB WhatsApp. Virus malware dan spyware bakal sangat mudah masuk ke smartphone

3. Rendah Privasi

WhatsApp resmi besutan Meta mengedepankan privasi pengguna, ini terlihat dari fitur enkripsi End-to-end yang berfungsi untuk mengamankan percakapan pesan pengguna. Namun, GB WhatsApp melakukan hal sebaliknya. Bahkan, pesan yang telah ditarik masih dapat dilihat oleh pengguna GB WhatsApp.

4. Tidak Ada Pemeriksaan Keamanan

WhatsApp resmi rajin memonitor keamanan penggunanya secara berkala. Tindakan ini bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misal peretasan keamanan yang mengancam privasi Anda. Sementara, GB WhatsApp tidak peduli dengan keamanan penggunanya.

5. Tidak Ada Fitur Back-up

WhatsApp resmi punya fitur back-up untuk mencadangkan pesan. Jadi, data-data penting anda tidak akan hilang hanya karena berganti perangkat. Namun, GB WhatsApp tidak punya fitur back-up yang membuat data-data, seperti dokumen, foto, dan video bisa hilang saat berganti perangkat.

6. Tidak Ada Update Otomatis

Jangan berharap banyak dengan GB WhatsApp karena aplikasi ilegal ini tidak menyediakan update otomatis seperti yang dimiliki WhatsApp resmi. Pengguna GB WhatsApp harus melakukan update secara manual melalui file APK yang ada di website tertentu yang bisa saja berisi malware.

 

Selain ilegal, GB WhatsApp juga tidak memberikan jaminan keamanan bagi para penggunanya. Risiko malware dan spyware yang muncul setelah instal GB WhatsApp berpotensi merusak perangkat Anda. Selain itu, privasi Anda juga tidak terjaga dan rawan menjadi sasaran penyadapan.

 

 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo