Hubungi Kami       

15 Syawal 1445 H

Fitur NFC Smartphone yang Beri Kemudahan di Era Digital

fitur-nfc-smartphone-yang-beri-kemudahan-di-era-digital-.png

Belakangan ini fitur NFC mulai banyak diminati. Hal ini dikarenakan NFC dapat mempermudah dalam proses bertukar informasi dan pengiriman file. NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, yaitu metode transfer data nirkabel yang mendeteksi dan kemudian memungkinkan teknologi dalam jarak dekat untuk berkomunikasi tanpa memerlukan koneksi internet. 

Kegunaan NFC sangat banyak dan beragam, namun yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah untuk mengisi saldo E-money dan mengirim file, namun sebenarnya masih sangat banyak sekali fungsi dari NFC, berikut adalah fungsinya.

  1. Mempermudah pembayaran digital
    Sistem NFC dapat melakukan aktivitas pembayaran. Tak perlu kartu atau membuka lama aplikasi dompet digital, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan aman. Cukup dengan menempelkan smartphone pada perangkat NFC yang tersedia maka NFC akan memberi rincian data untuk proses pembayaran dengan cepat. Fungsi NFC ini sudah makin dimanfaatkan dalam kegiatan transaksi yang aman.
  2. Cek dan isi saldo pada smart card
    Fitur NFC juga dapat mempermudah kita untuk memeriksa dan mengisi dana saldo pada kartu E-money, kartu Multi Trip, dan lain-lain.
  3. Melakukan transfer file
    NFC juga dapat digunakan untuk berbagi file layaknya seperti bluetooth. Namun hal yang membedakan adalah NFC jauh lebih praktis, kita hanya perlu mendekatkannya ke perangkat lain yang memiliki NFC.
  4. Berbagi aplikasi
    Dengan fitur NFC kita dapat dengan mudah membagikan aplikasi, hanya dengan menyentuhkan smartphone kalian secara bersamaan, smartphone kalian akan mengunduh dan memasangnya secara otomatis.
  5. Terkoneksi dengan perangkat lain melalui NFC Tag
    NFC Tag adalah penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC. Tujuannya adalah untuk mengendalikan berbagai pada fungsi smartphone secara otomatis hanya dengan sekali tap, contohnya pengguna dapat mengubah smartphone kalian menjadi mode hening saat men-tap smartphone pada NFC Tag yang terpasang di pintu ruang rapat.

Itulah beberapa informasi mengenai fitur NFC pada smarthpone. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi pembaca.

Penulis : Carly Lumban Gaol

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo