Hubungi Kami       

21 Syawal 1445 H

Bullying Antar Teman Sebaya? Ups, Bagaimana Tanggapan Generasi Berencana?

bullying-antar-teman-sebaya--ups,-bagaimana-tanggapan-generasi-berencana-.jpg

 

Diskominfo Kota Bogor – Kamis 9 November 2023, “Bilik” kali ini membahas hal menarik yang akhir-akhir ini sedang marak terjadi disekitar kita, yaitu Bullying. Kedua narasumber kali ini juga sedang mengemban tugas sebagai Duta Genre (Generasi Berencana) Kota Bogor 2023. Narasumber pertama kita adalah Aliza Dwi Putri yang sekarang menjadi Duta Genre Kota Bogor 2023. Aliza aktif di beberapa komunitas kemanusiaan hingga ikut bergabung juga dengan PIKR (Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja) yang dinaungi oleh kedinasan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Tak kalah seru juga narasumber kedua kali ini juga seorang Duta Genre Kota Bogor yang sedang berkuliah di UIN Syarif Hidayatulah dan seseorang yang aktif di dalam Komunitas PIKR. Rahmandandi Prayuda Kahfi datang sebagai narasumber pada Bilik kali ini. Tidak lupa juga Bilik kali ini di pandu oleh Host dari Sipatahunan yang tidak kalah asik, yaitu Rabbani Alhanan Hassim atau yang akrab dipanggil Kang Hanan. Di Bilik kali ini kedua Duta Genre ini menjelaskan bagaimana mereka menjadi rolemodel dalam mencegah tindakan-tindakan tidak terpuji, yang salah satunya adalah tindakan Bullying.

Keresahan kedua narasumber ini terhadap tindakan Bullying dimulai dari maraknya kasus-kasus Bullying di penjuru Indonesia, terutama yang terjadi disekitar mereka. Mereka menganggap tindakan-tindakan seperti ini tidak seharusnya diwajarkan. Bagi mereka tindakan Bullying masih kerap marak terjadi dikarenakan belum adanya lingkungan sosial yang aware terhadap tindakan tidak terpuji ini. Masih banyak orang yang acuh tak acuh dalam mencegah dan menegur pelaku Bullying.

Bagi mereka faktor-faktor yang mendorong terjadinya Bullying adalah faktor seperti gagalnya sosialisasi primer, kurangnya penghargaan diri, lingkungan yang mendorong kepada kecerundungan buruk, dan tidak adanya konselor yang bisa dipercaya. Menurut mereka intisari dari solusi yang harus dilakukan adalah memberi pemahaman kepada korban bahwa tidak salah untuk melawan dan lebih menanam penghargaan terhadap diri sendiri. – Hanan

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo