Hubungi Kami       

26 Safar 1446 H

Kota Bogor Segera Luncurkan Aplikasi Akses Layanan Instan (Asinan)

kota-bogor-segera-luncurkan-aplikasi-akses-layanan-instan-(asinan)-.jpg

Bogor, 2 Mei 2023 –  Pemerintah Kota Bogor akan luncurkan Aplikasi Akses Layanan Instan (Asinan) Bulan Juni mendatang bertepatan dengan Hari Jadi Kota Bogor. Aplikasi yang dibuat melalui Kerjasama dengan PT.Cartenz. Ini merupakan sarana baru bagi masyarakat mengakses berbagai layanan di setiap kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Bogor dimana sebelumnya masih menggunakan pelayanan yang bersifat manual. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu kesulitan untuk datang ke kelurahan atau kecamatan, hanya dengan mengakses aplikasi ini, mereka bisa dengan mudah menikmati berbagai layanan yang disediakan.

Konsep ini diharapkan mampu membawa perubahan baru seiring dengan perkembangan digitalisasi pemerintahan. Untuk itu perlu adanya percepatan di tingkat Kecamatan seperti dashboard pelayanan, evaluasi serta analisis semua data guna mempercepat pembacaan data dari kelurahan.  Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah pada expose Aplikasi Asinan di Paseban Surawisesa. Tampak hadir pada expose tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra), Irwan Riyanto, Kepala Dinas Kominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Bogor, Hidayatullah, Para Camat dan Perwakilan dari PT.Cartenz.

Aplikasi Asinan sudah digunakan 8 kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Utara, namun jenis layanan yang disediakan masih belum lengkap sepenuhnya. Adapun jenis-jenis layanan yang belum ada dalam aplikasi tersebut ialah berupa layanan yang berbentuk pernyataan. Kurang lebih ada 11 jenis pelayanan yang belum masuk kedalam aplikasi ini. Beberapa diantaranya ialah surat pernyataan ahli waris, surat pernyataan keterangan daftar keluarga, pernyataan tidak sengketa, salinan c desa, surat keterangan riwayat tanah, dan surat pemberitahuan tidak keberatan tetangga.

Adapun mekanisme pelayanan yang disediakan terbagi menjadi dua jenis, yakni walk in dan full online. Walk ini lebih diprioritaskan kepada para masyarakat yang memang belum terlalu paham dalam penggunaan teknologi, sehingga mereka perlu untuk tetap datang ke kelurahan atau kecamatan dan nantinya akan dibantu oleh petugas untuk menginput data melalui aplikasi. Beda halnya dengan full online, dimana masyarakat bisa mengakses aplikasi dimanapun dan kapanpun secara online. Mereka dapat melakukan self service dalam memilih layanan yang ada di kelurahan maupun kecamatan hanya dengan melalui ASINAN Kota Bogor ini. Jadi, yang membedakan antara walk in dengan full online ialah hanya proses awalnya saja. Namun, output yang didapat oleh masyarakat tetaplah sama, yakni dalam bentuk cetak surat pernyataan yang sudah ditandatangani oleh lurah maupun camat. 

Terkait dengan perencanaan peluncuran Aplikasi ini, Diskominfo Kota Bogor berperan dalam perluasan kesediaan jaringan di berbagai kelurahan maupun kecamatan Kota Bogor guna mempermudah akses layanan masyarakat Kota Bogor. Selain itu, Diskominfo Kota Bogor juga akan membantu dalam proses launching sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Bogor terkait dengan Aplikasi Akses Layanan Instan (ASINAN) Kota Bogor ini pada saat Hari Jadi Bogor nanti.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Streaming Sipatahunan
Boklet Terbaru

Booklet Smart City Kota Bogor 2024

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo