Hubungi Kami       

15 Syawal 1445 H

4 Cara Membuat Password Aman

4-cara-membuat-password-aman.jpg

Di era saat ini, manusia cenderung telah hidup berdampingan dengan segala kegiatan yang bersifat daring. Hal itu pula yang menjadi salah satu tuntutan manusia untuk melangsungkan kehidupan sehari-hari. 

Untuk menjalankan aktifitas yang serba daring seperti, komunikasi dengan rekan kerja, akses jual beli, dan lain sebagainya tentunya mengharuskan kita untuk membuat dan memiliki akun. Salah satu syarat membuat akun adalah dengan membuat sendiri kata sandi atau password yang diperlukan.

Kata sandi atau password dapat menjadi hal yang krusial. Karena jika dibuat sembarang, akun anda dapat diretas dan dimanfaatkan begitu saja oleh para peretas. Terlebih jika yang diretas adalah akun perbankan dan akun media sosial.

Demi mencegah hal buruk terjadi, penting untuk kita membuat kata sandi yang kuat. Berikut empat cara untuk membuat password aman

  1. Banyak Karakter
    Cara ini sudah cukup lama diterapkan karena semakin banyak karakter yang dipakai, semakin kuat pula kata sandi yang anda miliki. Misalnya dengan menggunakan 10-14 karakter.
  2. Campuran Karakter
    Selain banyak karakternya, anda bisa membuat level password anda menjadi lebih kuat lagi, yaitu dengan mencampurkan karakter. Misalnya berupa campuran dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
    Contoh: JalanR4y4_
  3. Metode Tiga  Kata Acak
    Cara ini digunakan dengan mencampurkan tiga kata random atau bahkan tidak berkaitan satu sama lain.
    Contoh: keretarumahkopi
  4. Jangan Terapkan di Banyak Akun
    Hindari menerapkan password yang sama pada banyak akun, karena sekali saja orang mengetahui kata sandi anda, ia dapat menggunakan kata sandi tersebut untuk masuk ke akun lain milik anda.

penulis: Rini Pertiwi

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo