Hubungi Kami       

26 Syawal 1445 H

Cerdas Menggunakan Media Sosial

cerdas-menggunakan-media-sosial.jpg

Sosial media menjadi sumber informasi utama masyarakat saat ini. Informasi yang dapat dengan mudah diakses, membuat pengguna dapat mengkonsumsinya bebas dimana saja dan kapan saja.

Selain kemudahan mendapatkan informasi, arus pergerakannya yang sangat cepat juga isunya trendy menjadi alasan mengapa masyarakat menyukai dan memilih media sosial menjadi sumber utama informasi mereka.

Sayangnya, keuntungan yang dapat diperoleh di satu sisi lain perlu diperhatikan dengan lebih baik. Karena apabila ini tidak disikapi dengan bijak, tentu  saja akan  memberikan dampak yang buruk bagi pengguna.

Dampak buruk ini bisadatang dari informasi hoax dan tidak valid yang tersebar di masing-masing sosial media, seperti Youtube, Tik Tok, Twitter dan Facebook. Tidak sedikit pengguna yang sengaja menyebarkan berita hoax demi keuntungan mereka semata. Tidak sedikit juga para konten  kreator yang memuat informasi hanya didasari dengan bagaimana mendapatkan viewers  sebanyak-banyaknya dengan mengabaikan banyak nilai lain.

Oleh karena itu, sikap selektif, cerdas, dan hati-hari saat menerima informasi menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ada beberapa tips cerdas dalam  menggunakan  media sosial, diantaranya :

  1. Tentukan Informasi yang Kita Butuhkan

Memilah informasi yang kita butuhkan menjadi point terpenting saat berselancar di sosial media. Karena jika seseorang sudah  mengetahui apa saja nformasi yang ia butuhkan, ia akan lebih sadar dan tahu arah saat menggunakannya. Dengan itu, ia akan  lebih bijak. Ia akan  lebih tahu prioritas informasi yang harus ia terima. Ia akan fokus dan tidka mudah terbawa arus informasi yang melimpah.

  1. Time Management Penggunaan  Sosial Media

Durasi dalam penggunaan sosial media perlu diperhatikan. Kebebasan yang diperoleh, tidak menjadikan kita lalai dalam mengerjakan tugas lain. Durasi waktu yang berlebihan akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Harus diingat bahwa mata, tubuh, dan pikiran kita perlu istirahat.

  1. Hindari Konten Toxic

Manusia dipengaruhi dari sesuatu yang ia lihat dan ia dengar. Maka , selektif dalam  memilih konten yang baik akan membentuk diri seseorang. Orang yang memilih informasi dengan gosip-gosip saja, cenderung akan dipengaruhi sesuatu  yang negatif. Sedangkan, orang yang memilih informasi yang positif akan dipengaruhi sesuatu yang positif. Maka dari itu, cerdaslah menerima informasi yang dapat mendidik kita.

  1. Gunakan Pilihan Kata yang tepat Saat Ingin Menggugah & Berkomentar di Sosial Media

Penerapan sopan santun dalam  menggunakan sosial media bisa melalui jari-jari dari apa yang  kita ketik. Bagaimanana  kita memberikan komentar dan menanggapi suatu hal di sosial media, penggunaan kata yang sopan, tidak menyinggung pihak lain akan memberikan ketenangan saat menggunakannya.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo