Hubungi Kami       

6 Muharram 1446 H

Diskominfo Kota Bogor Menerima Kunjungan dari Komisi IV DPRD Kota Cilegon

diskominfo-kota-bogor-menerima-kunjungan-dari--komisi-iv-dprd-kotacilegon.jpg

Bogor, 23 Mei 2023 – Diskominfo Kota Bogor menerima kunjungan dari Komisi IV DPRD Kota Cilegon dalam rangka kunjungan kerja/studi banding. Kunjungan kerja ini bertema “Konektifitas Pelayanan Publik Berbasis Sistem Informasi”. Kunjungan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hj. Nurrotul Uyun, SE., M.Ak., Ketua Komisi IV DPRD Kota Cilegon, H. Eris Airlangga Al-Ghozali, SE., Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Cilegon, H. Anugrah Chaerullah, SE., MM., beserta para staf dan anggota Komisi IV DPRD Kota Cilegon. Kunjungan ini disambut baik oleh Oki Tri Fasiasta Nurmala A selaku Kepala Bidang eGovernment, Liah Lestari, S.Stat., selaku Pranata Humas Ahli Muda, dan Melyani Filtania, S.Ikom., selaku Analis Publikasi Media Sosial. Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat Diskominfo Kota Bogor.

Adapun hal yang dibahas dalam kegiatan ini ialah mengenai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang dikelola oleh Diskominfo Kota Bogor. Satu diantaranya ialah mengenai implementasi Single Sign On (SSO) untuk aplikasi yang dimanage oleh Diskominfo Kota Bogor khususnya oleh bidang eGovenrment. Adanya Single Sign On (SSO) ini digunakan untuk mempermudah akses layanan agar user dapat mengakses beberapa aplikasi secara bersamaan. Selain itu, dengan menggunakan SSO, user hanya perlu memasukkan satu password. Oki menjelaskan bahwa penggunaan SSO ini menjadi salah satu bentuk pengintegrasian dan pengkonektivitasan berbagai macam aplikasi yang ada.

Beberapa aplikasi yang telah menggunakan Single Sign On (SSO) diantaranya ialah aplikasi TND milik Diskominfo Kota Bogor, aplikasi SIPDEH milik BAPENDA, aplikasi SIMPEG milik BKPSDM, dan aplikasi eMetereologi milik DKUMKM Dagin.

Disamping menjelaskan mengenai penggunaan SSO guna mempermudah akses layanan bagi masyarakat maupun pemerintahan, Oki juga menjelaskan terkait tugas penyelenggaraan layanan bidang komunikasi dan informatika di publik, diantaranya ialah dalam penyelenggaraan sistem penanganan pengaduan, meringkaskan berbagai layanan publik dalam Bogor SIMATA Single Window, pelatihan praktek kerja ITK dalam bentuk program magang (internship) dan PKL, serta penyelenggaraan layanan informasi publik yakni Portal Satu Data, PPID, Website Kota dan OPD, pengelolaan media sosial resmi pemerintah.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan plakat dari pihak Komisi IV DPRD Kota Cilegon kepada pihak Diskominfo Kota Bogor. Selain itu, pihak Diskominfo Kota Bogor juga memberikan sebuah buku yang berisi informasi mengenai Smart City kepada pihak Komisi IV DPRD Kota Cilegon.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo