Hubungi Kami       

16 Syawal 1445 H

Asesmen aplikasi Peta Digital Pariwisata Kota Bogor oleh Diskominfo Kota Bogor

Bogor, 2 Januari 2023 – Dalam rangka implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, sesuai dengan Peraturan Wali Kota  Bogor Nomor 126 Tahun 2018 tentang Standarisasi Pembangunan Aplikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan kegiatan asesmen pembangunan aplikasi Peta Digital Pariwisata Kota Bogor yang dibangun oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Sesuai dengan Perwali tersebut semua pembangunan aplikasi di Pemerintah Daerah Kota Bogor harus memenuhi uji standarisasi aplikasi oleh Dinas Komunikasi dan Informasi.

Rapat diawali dengan penjelasan mengenai quick wins Smart plan yang sudah dirumuskan dalam Forum Smart City, yakni tentang aplikasi Explore Bogor Check Point. Explore Bogor Check Point merupakan pengembangan wisata berbasis tematik yang akan dikembangkan untuk seluruh aspek pendukung kepariwisataan, edukasi, kebudayaan, cagar budaya, ekonomi kreatif, dan keunikan yang ada di Kota Bogor.

Dalam tahap implementasinya, warga atau wisatawan baik domestik maupun non domestik dapat mengikuti dan memilih program wisata berpandu menggunakan peramban telepon genggam pintar sesuai dengan passion atau destinasi yang diinginkannya. Pengguna aplikasi bisa menggunakan moda transportasi sepeda, berlari, maupun jalan kaki. Pemandu ini berupa aplikasi berbasis android. Adapun beberapa kategori yang akan disediakan dalam aplikasi ini diantaranya :

  1. Wisata landmark Kota Bogor
  2. Wisata museum
  3. Wisata taman dan alam
  4. Wisata Kampung Tematik dan Batik Bogor
  5. Wisata kuliner tradisional khas Bogor
  6. Wisata Situs Kerajaan Pakuan Padjajaran

Bala pemandu wisata dalam peramban akan dikembangkan sesuai kebutuhan dari mekanisme pencatatan log kunjungan berbasis data spasial seperti tag QR Code pada lokasi atau klik pilihan destinasi lokasi yang sudah ditetapkan dalam aplikasi hingga ke bentuk yang advance seperti penggunaan teknologi Augmented Reality (AR).

Adapun tujuan adanya aplikasi Explore Bogor Check Point ini diharapkan memiliki kemampuan untuk bertumbuh dan berkembang dan menjawab Smart Plan yang sudah dirumuskan dalam Forum Smart City. Selain itu, diharapkan nantinya tidak ada aplikasi lain dalam pengelolaan web wisata Kota Bogor yang dikelola oleh Disparbud Kota Bogor.

Selanjutnya Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disparbud Kota Bogor menjelaskan mengenai Peta Digital Pariwisata Kota Bogor. Ia menjelaskan bahwa tujuan utama melakukan pengembangan aplikasi pariwisata Kota Bogor adalah untuk menambahkan tools pemasaran Disparbud, dengan tujuan akhir menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor.

Nilai jual yang membedakan Peta Digital ini dengan peta lainnya adalah lebih menunjukan wisata lokal kota Bogor. Yang menjadi fokus dalam aplikasi ini antara lain adalah tujuh kampung wisata yang ada di Bogor. Selain itu akan juga ditampilkan jalur transportasi publik yang ada di Kota Bogor, dengan Trans Pakuan salah satunya.

Rapat dilanjutkan dengan expose/uji coba aplikasi Peta Digital Pariwisata Kota Bogor. Rapat diakhiri dengan sesi pertanyaan oleh pihak Diskominfo.

 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo