Hubungi Kami       

26 Dzulqaidah 1443 H

Yuk Kita Puasa Gawai

yuk-kita-puasa-gawai.jpeg

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi yang ada saat ini memudahkan kita dalam berkomunikasi. Terlebih saat dimulainya Pandemi Covid-19, hampir semua kegiatan dialihkan menjadi daring.

Namun dibalik itu semua terdapat hal yang terkadang kita lupakan, yaitu bahwa gawai atau gadget yang biasa kita pakai sehari-hari juga dapat memberikan dampak yang kurang baik. Salah satunya yaitu kecanduan bermain gawai. Orang yang kecanduan bermain gawai cenderung akan membawa gawainya kemanapun, bahkan ke kamar mandi. Tak jarang juga orang yang kecanduan gawai merasa cemas saat gawainya tak berada di sekitar jangkauannya, walaupun gawai tersebut juga tidak dipakai olehnya. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, kita dapat melakukan puasa gawai.

Puasa gawai atau ada juga yang menyebutnya digital detox dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas waktu, kegiatan, dan juga fokus diri. Puasa gawai dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  1. Mencari sumber masalah. Cari tahulah apa yang membuat kamu selalu bermain gawai. Misalnya aplikasi game mobile ataupun aplikasi media sosial.
  2. Menentukan periode puasa gawai. Tentukanlah kapan kamu akan berhenti mengakses aplikasi tersebut. Banyak sekali metode yang ada diterapkan, misalnya pada awal percobaan kamu hanya bisa mengakses aplikasi tersebut selama satu jam, lalu minggu  berikutnya 30 menit, dan seterusnya.
  3. Mematikan notifikasi. Menonaktifkan notifikasi yang terus menerus bermunculan dapat membantu dalam proses menahan diri untuk tidak mengakses aplikasi gawai.
  4. Apabila poin dua dan tiga dirasa kurang efektif, kamu dapat menghapus aplikasi tersebut dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu bulan.
  5. Mencari kesibukan dengan orang terdekat. Kamu dapat mengalihkan rasa ingin mengakses aplikasi gawai dengan menghabiskan waktu dengan orang terdekat seperti keluarga ataupun teman. Bahkan kamu bisa menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri atau biasa disebut me-time.

Selain lima cara diatas, agar berhasil melakukan puasa gawai diperlukan pula niat yang kuat serta konsistensi dalam menjalaninya. Puasa gawai akan sangat bermanfaat apabila kita berhasil melakukannya. Manfaat yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan mata. dengan kurangnya waktu menatap layar gawai tentunya dapat menurunkan resiko kita mengalami sakit mata. Kedua yaitu berkurangnya stres. Dengan bermain gawai, banyak informasi yang dapat kita peroleh dan tak jarang membuat kita stres. Terakhir yaitu dapat meningkatkan kualitas waktu, kegiatan, dan fokus diri.

penulis: Rini Pertiwi

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
...
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo