Hubungi Kami       

16 Syawal 1445 H

Sekda Ingin Diskominfo Kota Bogor Membangun Big Data

sekda-syarifah-sofiah-ingin-diskominfo-kota-bogor-membangun-big-data.jpg

Dalam rangka memulai tugasnya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah melakukan roadshow rapat kerja ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Bogor usai dilantik pada Kamis, 01 Oktober 2020 lalu. Di Hari kedua ini, Sekda Syarifah mengunjungi Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bogor yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.10, RT.01/RW.01, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (06/10/2020).

Pada rapat kerja ini Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat beserta para Kabid menyampaikan program-program yang sudah dirancang, capaian, serta kendala yang tengah dihadapi. Sekda Syarifah pun memberikan apresiasinya dan memberikan beberapa saran untuk kebaikan Diskominfo kedepan. Sekda Syariah mengatakan, Diskominfo Kota Bogor telah melahirkan berbagai aplikasi khususnya aplikasi baru seperti Detektif Covid, Jaga Asa dan Aplikasi Kolaborasi dan Solidaritas untuk Rakyat (Salur) untuk membantu mengawal penanganan Covid-19. "Ini 3 diantara 158 aplikasi yang dihasilkan Diskominfo dan tersebar di seluruh OPD sebagai bentuk upaya menuju Bogor Smart City," ujar Sekda.

Syarifah mengakui, masih banyak kendala yang dihadapi Diskominfo. Mulai dari belum memiliki ruang server yang representatif, belum adanya leveling lantai khusus, belum mempunyai genset, dan kantor Diskominfo yang memang belum representatif sebagai kantor dinas. Namun beliau tetap mengapresiasi segala semangat dan kinerja Diskominfo Kota Bogor meskipun dihadapkan dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut. Dirinya melanjutkan, pihaknya meminta Diskominfo untuk terus berinovasi di tengah era digitalisasi seperti saat ini. Ia berharap Diskominfo kedepan mempunyai Big Data dimana seluruh data Kota Bogor tersimpan rapi, ter-update dan bisa diakses serta menambah titik-titik CCTV sebagai bentuk pelayanan ke masyarakat agar tingkat kriminalitas berkurang. "Dengan Smart City masyarakat Kota Bogor akan merasa aman dan nyaman karena semua pelayanan berbasis teknologi informasi," tegasnya.

Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat menambahkan, di tengah Pandemi Covid-19 dan keterbatasan anggaran Diskominfo yang berkurang hingga mencapai 50% setelah recofusing, namun pihaknya tetap berinovasi. Mulai dari lahirnya aplikasi Salur, Jaga Asa dan Detektif Covid, penyediaan Wifi publik untuk pembelajaran jarak jauh dan masih ada beberapa aplikasi lagi yang sedang dipersiapkan. "Kunjungan bu Sekda menjadi motivasi untuk kami lebih semangat, kreatif, inovatif. Kami akan terus berupaya merealisasikan Bogor Smart City dengan penyediaan CCTV, pembuatan Big Data, dan akan melakukan pendataan kembali seluruh aplikasi yang tersebar di OPD," Ujarnya. (DL)

 

#pemerintahkotabogor
#pemkotbogor
#dinaskominfokotabogor
#diskominfokotabogor
#smartcitykotabogor
#bogorberlari

Editor : Operator Diskominfo

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo