Hubungi Kami       

23 Syawal 1445 H

APA ITU INTERNET OF THINGS ( IOT )?

Bogor – Teknologi berkembang semakin pesat setiap harinya. Hal tersebut tentu mempermudah manusia dalam menyelesaikan pekerjaan sehari – hari. Dengan menciptakan inovasi baru dari teknologi yang sudah ada adalah cara yang baik untuk memajukan perkembangan teknologi. Ini dapat menghasilkan produk dan layanan yang lebih efisien, berkualitas, dan bahkan mempu menggantikan metode lama dengan yang lebih canggih. Internet Of Things merupakan salah satu perkembangan teknologi yang signifikan. Teknologi ini juga memainkan peran penting dalam transformasi digital karena perannya yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus. 

(sumber: favpng.com)

Adapun beberapa manfaat dari Internet Of Things ( IOT ) sebagai berikut : 

  1. IOT dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengotomatiskan segala tindakan.
  2. IOT membantu meningkatkan pemanfaatan teknologi.
  3. IOT menyediakan informasi real-time yang mengarah ke pengambilan keputusan yang efektif dan pengelolaan sumber daya.

Internet Of Things ( IOT ) memungkinkan pengumpulan, pertukaran data, dan pengendalian perangkat secara otomatis, yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berbagai bidang, seperti rumah pintar, kesehatan, industri, dan lingkungan. 

Terdapat 3 contoh penggunaan Internet Of Things ( IOT ) sebagai berikut :

  1. Smart Home    : menyalakan AC, lampu, serta sencor keamanan secara otomatis.
  2. HealtCare        : memantau pasien dari jarak jauh. Perangkat IOT dapat secara otomatis mengumpulkan metrik kesehatan seperti detak jantung, suhu tubuh, dan tekanan darah.
  3. Smart City       : IOT membantu perencanaan kota dan pemeliharaan infrastruktur menjadi lebih efisien, seperti mengukur kualitas udara dan tingkat radiasi, manajemen parkir, dan mendeteksi pemeliharaan infrasutruktur ( Jalan, Jembatan, Saluran Pipa, dan Lainnya ).

Internet Of Things ( IOT ) juga memiliki potensi besar untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia sekitar kita, tetapi juga menibulkan tantangan keamanan dan privasi yang perlu dikelola dengan cermat.

      -Hauwa-

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo