Hubungi Kami       

17 Syawal 1445 H

ANDROID 13 ATAU IOS 16 YA? INILAH PERBANDINGAN NYA!

android-13-atau-ios-16-ya--inilah-perbandingan-nya!.png

Akan selalu menjadi topik menarik jika membahas tentang perbandingan antara Android dengan iOS. Google meluncurkan Android 13 pada bulan Agustus, tetapi ini bukan satu-satunya pembaruan OS seluler besar pada tahun 2022. iOS 16 Apple yang dibuat adalah debut pada awal September.

 

Terdapat 10 fitur yang dapat dibandingkan antara Android 13 dan iOS 16. Fitur-fitur ini dapat memudahkan para pengguna android ataupun iphone. Menariknya, ada beberapa fitur iOS 16 yang tidak dimiliki oleh Android 13. Mari kita lihat perbandingan nya bedasarkan dari review-review pengguna.

 

  1. Desain

Tidak perubahan yang signifikan dari keduanya. Android 13 dengan material U konsep simpel dan minimalis yang jernih. Sedangkan iOS 16, tetap mempertahankan desain 3D yang lebih komplek, tranpasi dan efek shadow.

 

  1. Lockscreen

iOS mengalami perubahan besar, karena pengguna dapat meng custom sendiri lockscreen nya. Sedangkan Android 13 tidak mengalami perubahan banyak, tapi terdapat fitur baru yang menarik yaitu bisa mengatur smarthome device tanpa harus membuka kunci.

 

  1. Search Bar

Apple memindahkan search bar ke bawah untuk memudahkan, dan Google tetap berada di atas tetapi dilengkapi dengan pencarian ke google search yang bisa dibuka secara otomatis.

 

  1. Fitur Fokus

Di fitur ini, iOS mengalami perubahan secara besar, dalam fitur ini pengguna bisa mengatur ke mode yang pengguna inginkan seperti mode kerja, mode bermain, mode keluarga dan lainnya. Sedangkan di Android 13, fitur fokus masih sama seperti sebelumnya.

 

  1. Life Text Video

Salah satu fitur baru yang ditambahkan oleh iOS. Untuk copy text di foto, baik iOS dan Android sama-sama powerful. Android memiliki google lens yang bisa mendeteksi teks dengan cepat, sedangkan iOS hanya foto tapi bisa juga video.

 

  1. USB OTG

Salah satu keunggulan dari Android 13 dibandingkan IOS 16 adalah fitur USB OTG. Fitur ini mendapatkan update besar dari Google, Android 13 dibekali dengan support file system ExFat.

 

  1. Bluetooth LA Audio

Android 13 juga sudah support Bluetooth LA Audio yang bisa menghasilkan kualitas audio yang lebih baik dari sebelumnya. Fitur ini juga bisa menghemat baterai TWS yang Anda gunakan dan memperbagus suara walaupun Anda memakai earphone standar.

 

  1. Fleksibilitas

Di Android 13, Anda bisa mengatur bahasa di tiap aplikasi dan tidak harus mengikuti bahasa sistem, NFC profile bisa dipisah di masing-masing user dan ada bandwith limiter yang mengatur batas kecepatan download. Tapi, ada satu fitur di IOS 16 yang sangat canggih, yaitu Anda bisa memisahkan objek di sebuah foto hanya dengan tahan di layar lalu geser.

 

  1. Privasi Keamanan

iOS 16 menyediakan fitur personal safety melalui safety check yang bisa mengatur sharing dan berbagai akses yang bisa pengguna berikan ke orang tertentu. Android 13 tidak mau kalah, Google menambahkan private foto picker supaya aplikasi tidak bisa mengakses foto yang bisa sembunyikan. Ada juga fitur izin akses yang membuat aplikasi tidak bisa leluasa mengakses smartphone.

 

  1. Manajemen Baterai

Fitur ini membuat hp yang memakai sistem operasi Android 13 memiliki baterai yang awet dan tahan lama dibandingkan OS versi sebelumnya. Sedangkan di iOS 16 tidak ada info tentang manajemen baterai tapi ada beberapa aplikasi bawaan yang diperbaharui sehingga bisa menghemat kapasitas baterai.

 

Itulah beberapa keunggulan masing-masing dari Android 13 dan iOS 16 yang telah diperbaharui oleh pihak Apple dan Google. Jadi, OS mana yang terbaik menurut anda?

 

sumber : magersena.com

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo