Hubungi Kami       

17 Syawal 1445 H

Kenali Lebih Lanjut Soal OTP (One Time Password)

kenali-lebih-lanjut-soal-otp-(one-time-password).png

Mempunyai akun online merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari di era serba digital sekarang ini. Akun online tersebut akan memudahkan kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari, seperti akun media sosial, akun belanja online, ataupun akun perbankan. Untuk membuat akun tersebut, terdapat persyaratan yang meminta kita menuliskan kode tertentu. Kode tersebut kita kenal sebagai Kode OTP (One Time Password).

Kode OTP merupakan kode bersifat sementara untuk memvalidasi keamanan akun. Sesuai dengan namanya ‘One Time Password’, kode OTP hanya dapat digunakan sekali dengan jangka waktu yang singkat. Karenanya Kode OTP bersifat sangat rahasia dan juga unik.Kode OTP berjumlah 6 digit, yang dapat berupa angka, karakter, bahkan keduanya. Kombinasi 6 digit kode OTP dirancang secara otomatis oleh sistem algoritma canggih yaitu Hashed Message Authentication Code (HMAC).

Sifat Kode OTP sendiri yaitu sebagai tingkat keamanan untuk memvalidasi, mengautensikan, ataupun konfirmasi ulang. Biasanya kode OTP akan dikirimkan dalam waktu singkat melalui SMS, Whatsapp, ataupun Email. Biasanya, saat menerima kode OTP pun terdapat pemberitahuan sistem yang menyatakan untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun. Hal tersebut tentu untuk meminimalisir tindak peretasan atau pembajakan akun. Oleh karena itu, kode OTP bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diberikan kepada siapapun.

 

Penulis: Rini Pertiwi

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo