Hubungi Kami       

16 Syawal 1445 H

Pemkot Bogor Ikuti Kegiatan Interview Evaluasi SPBE secara Daring

pemkot-bogor-ikuti-kegiatan-interviu-evaluasi-spbe-secara-daring.jpeg

Bogor, 1 September 2021 – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementrian PANRB), mengadakan kegiatan Penilaian Interview Evaluasi SPBE Tahun 2021 secara daring (online), dalam rangka Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi di Bidang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Menteri PANRAB No. 5 Tahun 2018 tentang pedoman Evaluasi SPBE.

 

Kepala Dinas Kominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat, S.Sos, M.M., Kepala Bidang e-Government, Oki Tri Fasiasta, S.STP, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan SPBE mengikuti acara secara daring dari The Sahira Hotel, Kota Bogor. Kegiatan Interview Evaluasi SPBE Kota Bogor digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) pada Rabu, 1 September 2021. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Bappeda Kota Bogor, Rudi Mashudi, S.T, M.P, serta Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, drg. Dede Rukasa, M.Kes.

 

 

 

 

SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. SPBE tercantum pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Tata Kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, dan mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu, menjadi tujuan dari SPBE itu sendiri.

 

Dalam Evaluasi Penilaian pada Pelaksanaan SPBE dilakukan melalui struktur penilaian yang terdiri dari :

  1. Domain, merupakan area pelaksanaan SPBE yang dinilai,
  2. Aspek, merupakan area spesifik pelaksanaan SPBE yang dinilai; dan
  3. Indikator, merupakan informasi spesifik dari aspek pelaksanaan SPBE yang dinilai.

Bobot diberikan pada domain dan aspek menurut tingkat prioritas pembangunan yang berbeda.

 

Penilaian SPBE terdiri dari 4 domain, 8 aspek, dan 47 indikator. Empat domain tersebut adalah kebijakan, tata kelola, manajemen, dan layanan. Sementara delapan aspek tersebut rinciannya adalah sebagai berikut: aspek kebijakan tata kelola SPBE merupakan domain kebijakan; aspek perencanaan strategis SPBE, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan penyelenggara SPBE merupakan domain tata kelola; aspek penerapan manajemen SPBE dan audit SPBE merupakan domain manajemen; dan aspek layanan administrasi SPBE dan layanan publik merupakan domain layanan.

 

 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo