Hubungi Kami       

30 Ramadhan 1442 H

Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi SPBE tahun 2021

sosialisasi--pemantauan-dan-evaluasi-spbe-tahun-2021.jpeg

 

(Rabu, 28 April 2021) Dalam rangka pelaksanaan Evaluasi SPBE Tahun 2021, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar konsolidasi dan pelaksanaan sosialisasi evaluasi SPBE Tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring. Konsolidasi dan sosialisasi dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Rabu 28 April 2021 dan Kamis 29 April 2021. Acara dibuka oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Rini Widyatini. Acara dihadiri Diskominfo Kota Bogor yang diwakili oleh Kepala Bidang Layanan E-goverments, Tata Kelola E-goverments, Analis Sistem Informasi, dan Staff secara daring melalui aplikasi Zoom dan Youtube yang dihadiri 500 peserta.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. SPBE sendiri dibentuk mempunyai tujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntable,  serta berkualitas dan terpercaya. Selain itu, SPBE diharapkan tidak hanya dapat memberikan pelayanan publik, namun juga tata kelola internal didalam  pemerintahan. Semua kota maupun kabupaten sudah menerapkan SPBE yang digerakkan oleh Kementerian PANRB pada tahun 2018.

“Tentunya dampak yang dirasakan positif ya, system pemerintahan jauh menjadi lebih efektif dan tertata dan untuk dampak negatifnya sejauh ini ngga ada karena ini sangat membantu” Ucap Yani selaku Kasi Tata Kelola E-goverments. Pada pertemuan hari pertama yaitu Rabu, 28 April 2021 materi yang disampaikan oleh Ferry Astika Saputra (PENS) dan Nanang Ruswanto (UGM) mengenai “Domain Tata Kelola SPBE” dalam diskusi tersebut diketahui bahwa SPBE mempunyai 10 indikator kebijakan internal SPBE, diantaranya Audit TIK yang merupakan system penghubung antar layanan. Selain itu, dijelaskan juga bahwa system penghubung antar layanan memiliki syarat antara lain tersedia jalur/bus, tersedia metadata repository, tersedia service directory.

Pertemuan kedua yang dilaksanakan Kamis, 29 April 2021 oleh Soni Fajar (TEL-U) dan Toni Dwi Susanto (ITS) membahas “Domain Manajemen SPBE” . Pembahasan selanjutnya ialah mengenai Pedoman Kaidah – Kaidah Penilaian Mandiri, serta Paparan Aplikasi Evaluasi SPBE. Kegiatan Sosialisasi ini akhirnya di tutup oleh Cahyono Tri Birowo selaku Asdep SPBE.

Sosialisasi tersebut meruapakan tahap awal dari rangkaian Evaluasi SPBE selanjutnya akan dilaksanakan penilaian mandiri tanggal 28 April – 18 Juni 2021 lalu akan dilaksanakan penilaian interview tanggal 20 Juli – 23 Agustus 2021 dan yang terakhir penilaian visitasi tanggal 23 September – 1 Oktober 2021.

 

(Peliput : Fira & Ocha)

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo