Hubungi Kami       

18 Syawal 1445 H

Cara Cas Handphone Yang Benar Agar Baterai Tahan Lama

Banyak orang yang berpikir mengisi ulang handphone hanyalah sekedar menghubungkan handphone dengan charger. Padahal dengan cara cas handphone yang benar, para pemilik bisa membuat baterai handphone lebih awet dan tahan lama dalam penggunaannya. Selain bisa membuat baterai handphone mudah rusak. Mengecas handphone dengan cara sembarangan juga memiliki resiko besar lainnya. Misalnya saja membuat baterai handphone kepanasan, bahkan bisa membuat baterai handphone meledak juga.

Karena itu, para pemilik handphone perlu mengetahui cara ngecas handphone yang benar yang akan dibahas di bawah ini. Cara-cara ini bisa membuat baterai handphone lebih tahan lama dan masa penggunaan baterai handphone pun menjadi jauh lebih awet.

1. Gunakan Hanya Charger yang Original 

Cara pertama dan paling utama dalam cara cas handphone yang benar adalah menggunakan charger yang original. Hindarilah penggunaan charger palsu atau yang tidak sesuai dengan model handphone. Walaupun model input charger sama dan memang baterainya mengisi. 

Namun, setiap charger yang digunakan memiliki kinerja dan kapasitas yang berbeda. Charger original pasti memiliki kinerja dan kapasitas yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan handphone. Karena itu, jika pemilik handphone menggunakan charger yang tidak original, atau contohnya charger kurang sesuai, maka baterai handphone memang terisi, namun bisa menyebabkan ketidakstabilan pada kapasitas baterai handphone.

2. Jangan Charger HP Sampai 100 Persen 

Cara selanjutnya untuk cas handphone yang benar adalah jangan mengisi daya baterai sampai kapasitas 100 persen. Banyak orang berpikir, lebih baik untuk mengisi baterai handphone sampai 100 persen agar lebih tahan lama. Ternyata cara ngecas handphone sampai daya penuh malah memiliki potensi untuk mengurangi umur penggunaan baterai. Lebih ideal bagi handphone untuk di charge sampai kapasitas 80 atau 90 persen saja. Karena itu, lebih baik hindari mengisi baterai sampai 100 persen. Jika kapasitasnya sudah 80 atau 90 lebih baik untuk segera dicabut. 

3. Charger Baterai Handphone sebelum Benar-Benar Habis 

Cara cas handphone yang benar berikutnya adalah menghindari charger saat baterai sudah habis. Banyak pemilik yang menunggu sampai baterai handphone benar-benar habis terlebih dahulu baru melakukan pengisian ulang. 

Ternyata, melakukan hal ini juga bisa membuat umur penggunaan baterai handphone menjadi lebih singkat. Saat terbaik untuk mengisi ulang daya adalah saat baterai handphone berada di kisaran daya 30 atau 40 persen saja. Dengan begitu, umur penggunaan handphone bisa bertahan lebih lama. 

4. Turunkan Pengaturan Kontras Layar 

Layar handphone merupakan salah satu aspek yang paling menguras daya handphone. Karena itu, untuk melakukan charger handphone yang benar. Lebih baik para pemilik handphone menurunkan kontras handphone nya pada saat di charger

Hal ini agar daya baterai yang baru diisi ulang tidak habis untuk mendukung tampilan dan kontras pada handphone. Menurunkan kontras handphone saat sedang proses pengisian daya bisa membuat umur penggunaan baterai menjadi lebih lama. Selain itu, pengisian daya juga bisa berjalan lebih cepat. Karena tidak ada aspek yang menguras baterai handphone. 

5. Lebih Baik Handphone Dimatikan 

Cara cas handphone yang benar berikutnya adalah mencharger handphone dalam keadaan mati. Sebenarnya, tidak masalah melakukan pengisian daya dengan keadaan handphone menyala. Namun, lebih disarankan untuk melakukannya dengan handphone dalam keadaan mati. 

Dengan cas handphone saat mati, baterai handphone akan menjadi jauh lebih stabil. Dengan begitu, masa penggunaan baterai handphone bisa terjaga. Bahkan, bisa menjadi semakin lama dan semakin awet digunakan.

Itulah cara cas handphone yang benar yang bisa dilakukan para pemilik handphone. Tinggalkan kebiasaan lama yang dapat merusak baterai handphone sekarang juga.

 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo