Hubungi Kami       

8 Sya’ban 1441 H

Persiapan Peresmian Kolecer (Kotak Literasi Warga Cerdas) Dan Candil (Maca Dina

Pada tanggal 11 Desember 2018 Diskominfostandi Kota Bogor mengikuti Rapat Persiapan Peresmian KOLECER (Kotak Literasi Warga Cerdas) dan CANDIL (Maca Dina Digital Library) yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat bertempat di Gedung Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah I Jawa Barat Jl. Ir. H. Juanda No. 4 Bogor.

Peserta yang hadir pada kegiatan rapat ini adalah Unsur Pemerintah Provinsi Jawa Barat, perwakilan OPD Pemerintah Kota Bogor, unsur kepolisian, perwakilan Producer Kick Andy Talkshow Metro TV dan Tim dari PT Rizky Mandiri Entreprise sebagai EO acara.

Acara Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. H. M. Taufiq Budi Santoso, M.Soc.Sc, yang menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat akan melaunching KOLECER (Kotak Literasi Warga Cerdas) dan aplikasi CANDIL (Maca Dina Digtal Library) di Taman Sempur Kota Bogor pada 15 Desember 2018.

KOLECER merupakan sebuah inovasi perpustakaan mini terinspirasi dari kotak telepon di Inggris yang bisa memuat 80 buku dengan tujuan sebagai wadah masyarakat Jawa Barat yang sulit mengakses ke perpustakaan umum. KOLECER ini nantinya akan ditempatkan di ruang publik baik di taman terbuka atau di jalan,

Jadi KOLECER merupakan street library, dimana masyarakat tidak harus datang ke perpustakaan tapi perpustakaannya yang mendekat kepada masyarakat. Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk menyalurkan dan menghibahkan buku-buku miliknya dan ditempatkan secara langsung di KOLECER sehingga bisa dibaca masyarakat luas.

Untuk menyeleksi buku-buku yang dihibahkan masyarakat sehingga kontennya tidak mengandung hal-hal negative Dinas Kearsipan dan Perpustakaan pemerintah daerah Jawa Barat akan menugaskan seorang kurator.

Untuk tahap awal KOLECER akan disebar di 26 titik di Jawa Barat dengan rincian satu daerah satu KOLECER, sementara target keseluruhan mencapai 600 titik di seluruh Jawa Barat. Sebagai percontohan KOLECER telah ada di Kota Bandung.

Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama seluruh pemerintah daerah di Jawa Barat akan menandatangani kesepakatan bersama.

Sedangkan CANDIL adalah aplikasi e-library berbasis android milik Pemerintah Jawa Barat yang berisi buku dalam bentuk elektronik dari para pengarang berasal dari Jawa Barat dan nasional.

Tahap pertama, CANDIL menyediakan 500 judul dan setiap judulnya menyediakan 3 eksemplar dengan total keseluruhan 1.500 eksemplar. Jumlah judul dan eksemplar akan bertambah setiap tahunnya. Untuk tahun 2019 ditargetkan akan bertambah hingga 1.500 judul.

Kota Bogor dipilih sebagai lokasi launching KOLECER dan CANDIL karena Kota Bogor telah menerapkan Smart City dan menjadikan literasi sebagai kebutuhan dimanapun. Banyak program-program Wali Kota Bogor yang berhasil. Kegiatan ini akan menjadi tonggak sejarah bahwa Kota Bogor secara bersama-sama mengembangkan dan membudayakan gerakan membaca dan menulis.

Pemerintah Kota Bogor sangat mendukung kegiatan ini. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Kota Bogor, Drs. H. Ade Sarip Hidayat, M.Pd.

Sekretaris Daerah Kota Bogor menyatakan bahwa kegiatan peresmian KOLECER dan CANDIL ini ini sangat penting bagi Jawa Barat secara umum maupun bagi Kota Bogor pada khususnya.

Kegiatan literasi sangat bersinergi dengan mimpi Pemerintah Kota yang ingin menjadikan Kota Bogor sebagai kota cerdas yang berwawasan teknologi informasi.

Bapak Sekretaris Daerah meminta agar Organisasi Perangkat Daerah terkait mempersiapkan dan membantu kegiatan tersebut mulai dari penyebaran informasi hingga pelaksanaannya

Peresmian KOLECER dan CANDIL ini akan dirangkaikan dengan acara talk show Kick Andy dari Metro TV yang menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat sebagai penggagas Program Street Library, Ferry Curtis (perwakilan literasi keluarga/musisi), Opik (perwakilan literasi masyarakat), Dede Dudu Abdul Rakhman (perwakilan literasi satuan pendidikan) dan artis Dewi Lestari serta Katon Bagaskara.

Acara pendukung lainnya yang direncanakan adalah pameran bursa buku murah gramedia, pameran produk literasi berbasis inklusi social/perpustakaan masyarakat Kota Bogor, pameran armada MUPK KabupatenKota se-Jawa Barat dan Gelar Buku Dispusip Kota Bogor.

(Diskominfostandi/Bidang KIP)

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

News On Kominfo