Hubungi Kami       

20 Syawal 1445 H

Kilas Balik Sejarah Alun-Alun Bogor

kilas-balik-sejarah-alun-alun-bogor.png

Alun-alun Bogor merupakan salah satu taman kota yang terletak di pusat Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Alun-alun ini memiliki beragam fungsi dan makna dalam kehidupan masyarakat setempat dan merupakan tempat berbagai aktivitas sosial, budaya, dan rekreasi. Alun-Alun Kota Bogor diresmikan Pemerintah Kota Bogor pada Jumat, 17 Desember 2021. Peresmian ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Bogorian asli pasti tahu dong dengan Alun-Alun Bogor? Nah, tempat yang berdekatan dengan Stasiun Bogor ini mempunyai sejarah yang menarik lho!

 

Sempat menjadi Taman Wilhelmina,

Alun-Alun Bogor dulu merupakan tempat nongkrong noni-noni Belanda yang eksis pada tahun 1890-1948. Nama tersebut diambil dari Ratu Belanda pada saat itu. Setelah masa kemerdekaan, Taman Wihelmina atau Kebon Kembang diubah menjadi terminal pada tahun 1970. Namun terminal tak bertahan lama hingga diubah lagi menjadi Taman Ade Irma Suryani.

pada tahun 1990 berubah menjadi Taman Topi. Tempat ini jadi destinasi wisata warga Bogor dan sekitarnya. Taman Topi pindah ke Tamansari, Kabupaten Bogor.

Sangat menarik ya Sejarah dari Alun-Alun Bogor dari masa ke masa. Kini alun alun bogor memiliki desain yang sangat unik dan dikelilingnya banyak bangunan bersejarah. Alun-Alun Bogor menjadi fasilitas pengunjung atau warga Bogor untuk beristirahat, bersantai, kuliner hingga berolahraga dan bermain.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo