Hubungi Kami       

26 Syawal 1445 H

Nomor HP kamu jadi nomor darurat pinjol illegal? Begini cara atasinya!

nomor-hp-kamu-jadi-nomor-darurat-pinjol-illegal--begini-cara-atasinya!.png

Pinjaman online, adalah jenis pinjaman yang dapat diakses dan diajukan secara online melalui platform atau aplikasi perbankan digital atau pinjaman daring. Pinjaman online menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir karena kemudahan aksesnya dan proses pengajuan yang cepat.

Tetapi dalam pinjaman online ini kerap kali menggunakan nomor darurat, yaitu nomor yang dapat dihubungi selain nomor si peminjam ketika pembayaran sudah jatuh tempo. Ketika nomor HP dijadikan nomor darurat pinjaman online maka akan sering menerima pesan-pesan yang berisikan tentang pemberitahuan tanggal yang sudah jatuh tempo dan pesan ini cukup menggangu. Maka dari itu Jika nomor HP  telah menjadi nomor darurat pinjaman online dan ingin mengatasi masalah ini, berikut beberapa langkah yang dapat dicoba:

1,Hubungi Call Center

Hubungi call center dan mintalah mereka untuk menghapus atau memblokir nomor Anda dari daftar mereka. Sampaikan bahwa Anda tidak memiliki niat untuk menggunakan layanan mereka.

2.Blokir Nomor Debt Collector

Anda juga dapat memanfaatkan fitur pemblokiran di ponsel Anda untuk menghindari panggilan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal.

3.Laporkan kepada OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia telah mengatur layanan pinjol. Jika Anda merasa terganggu atau tidak puas dengan tindakan pinjol terkait nomor Anda, Anda dapat melaporkannya kepada OJK melalui saluran yang disediakan.

Selalu ingat untuk mengambil tindakan yang bijak dan sesuai dengan hukum. Jika Anda merasa terancam atau disalahgunakan oleh pinjol, jangan ragu untuk mendapatkan bantuan hukum atau konsultasikan masalah Anda dengan pengacara atau lembaga yang berwenang.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo