Hubungi Kami       

19 Syawal 1445 H

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

cara-merawat-laptop-agar-tidak-cepat-rusak.png

Laptop merupakan gawai yang sangat penting dan umum digunakan untuk mendukung aktivitas produktif orang-orang. Laptop juga dapat mendukung kinerja kerja pada seseorang untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Namun, tak selamanya laptop akan bertahan dengan lama jika Bogorian tidak merawatnya dengan baik dan benar. Merawat laptop dengan baik adalah langkah penting untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan tidak cepat rusak. Berikut adalah beberapa tips merawat laptop agar awet:

Sumber : Kompas Tekno

 

1. Lindungi dari Debu dan Kotoran:

Bersihkan laptop secara berkala dengan kain mikrofiber lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran yang dapat mengganggu sirkulasi udara dan memicu panas berlebih.

2. Jauhkan dari Cairan:

Hindari menempatkan minuman atau cairan lain di dekat laptop. Tumpahan cairan dapat merusak komponen internal seperti motherboard atau keyboard.

3. Hindari Guncangan dan Benturan:

Selalu bawa laptop dengan hati-hati dan hindari guncangan atau benturan yang dapat merusak komponen internal.

4. Atur Ventilasi yang Baik:

Pastikan laptop ditempatkan di permukaan yang datar dan keras saat digunakan untuk mencegah penyumbatan ventilasi di bawahnya.

Gunakan laptop di permukaan yang memungkinkan aliran udara yang baik.

5. Jaga Suhu Ideal:

Pastikan laptop tidak terlalu panas. Anda dapat menggunakan alat pelindung panas atau dasar dengan kipas tambahan untuk membantu menjaga suhu tetap optimal.

6. Gunakan Listrik yang Stabil:

Pastikan laptop terhubung ke sumber daya listrik yang stabil dan gunakan perangkat perlindungan tegangan yang cocok jika perlu.

7. Perawatan Baterai:

Jaga agar baterai laptop tidak benar-benar habis terlalu sering. Charge saat baterai mencapai sekitar 20-30% dan cabut saat mencapai 80-90% untuk memperpanjang umur baterai.

Jika Anda tidak akan menggunakan laptop dalam waktu lama, simpan dengan baterai sekitar 50%.

8. Update dan Lindungi dari Malware:

Pastikan sistem operasi dan perangkat lunak antivirus Anda selalu terbaru. Ini membantu menjaga keamanan laptop Anda.

9. Backup Data:

Selalu lakukan pencadangan data penting Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data akibat kerusakan hardware atau malware.

10. Perawatan Rutin:

Ketika diperlukan, lakukan perawatan rutin oleh profesional. Ini termasuk membersihkan debu dari dalam laptop, mengganti pasta termal jika suhu berlebihan, atau mengganti baterai jika perlu.

     Dengan merawat laptop Anda dengan baik sesuai dengan panduan di atas, Anda dapat memperpanjang umur dan kinerja laptop Anda serta menghindari masalah yang sering terjadi. Ingatlah bahwa komponen elektronik memiliki batas usia, jadi walaupun Anda merawatnya dengan baik, suatu saat mungkin perlu diperbarui atau diganti.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo