Hubungi Kami       

2 Dzulqaidah 1445 H

Mengenal Sejarah Singkat Surya Kencana

mengenal-sejarah-singkat-surya-kencana.png

Bogorian pasti mengenal salah satu tempat yang sekarang menjadi pusat kuliner atau daerah pecinan di Kota Bogor satu ini? Betul, Surya Kencana terletak tak jauh dari pusat Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor, merupakan daerah pecinan yang dari zaman kolonial Belanda terus eksis sampai sekarang. Salah satu bangunan khas Surya Kencana satu ini ialah Vihara Dhanagun atau Hok Tek Bio . Tapi, tahukah Bogorian sejarah unik di balik pusat kuliner Bogor satu ini? Simak artikel berikut ini!

Pada awalnya, jalan Surya Kencana beperan sebagai ruas jalan raya Anyer-Panarukan. Di belakang jalan ini terdapat pemukiman warga-warga Tionghoa yang menetap dan tinggal di pemukiman tersebut yang sering disebut sebagai daerah pecinan. Jalan Surya Kencana pada awalnya dibuat atas perintah Gubernur Jendral Daendels pada tahun 1808, pada kala itu masih dikenal dengan Post Weg atau Jalan Pos Pada tahun 1970-an, terjadi sebuah peristiwa sejarang yang mengharuskan orang-orang Tionghoa hijarah ke tempat ini dan pada kala itu, kebanyakan warga Tionghoa bertahan hidup dengan cara berdagang. Sehingga pada saat itu jalan Surya Kencana dikenal sebagai nama Handelstraat. Jalan perniagaan ini kemudia berubah menjadi nama Surya Kencana pada tahun 1970.

Di tahun 1853, terjadi aturan zona wilayah pemukiman bagi warga-warga di Bogor. Pada waktu itu, Gubernur Jendral JC Baud mengatur dan menamakan aturan tersebut sebagai wijkenstelsel berdasarkan kelompok etnis tertentu yang bertujuan agar masyarakat tidak tercampur dengan etnis lainnya.Para penjelajah menemui akan mudah sekali menemui rumah-rumah yang disinggahi oleh warga-warga Tionghoa yang bertransaksi atau berniaga dan menjadi produsen di jalan tersebut seperti salah satunya Lawang Seketeng. Jalan tersebut dahulu menjadi salah satu pusat perdagangan yang pesat di tengah kota Bogor. Handelstraat atau Surya Kencana mempunyai banyak cagar budaya yang beragam  salah satunya Vihara Hok Tek Bio yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat beragama Budha serta dijadikan sebagai wisata religius.

Sampai saat ini, Cahaya Surya Kencana tidak pernah padam dari peradaban dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Road of never sleeping, begitulah julukan bagi Jalan Surya Kencana, roda kehidupan warga di sana tidak pernah berhenti berputar dan kondisi jalan yang semakin membaik seiring perputaran waktu. 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo