Hubungi Kami       

6 Muharram 1446 H

AWAS TINDAKAN PHISING! INI DIA LANGKAH-LANGKAH AGAR TIDAK TERKENA PESAN BERISI LINK PHISHING

awas-tindakan-phising--ini-dia-langkah-langkah--agar-tidak-terkena-pesan-berisi-link-phishing.jpg

Dalam era digital seperti sekarang, Kita seringkali mendapatkan penipuan berbasis digital di dunia internet yang semakin maju ini. Hal ini membagikan dampak internet yang buruk bagi kita dibalik keberadaannya yang begitu memudahkan hidup.  Namun, di balik manfaatnya yang memudahkan hidup, ada beberapa ancaman yang harus diwaspadai oleh pengguna internet, salah satunya adalah phising. Phising merupakan salah satu kejahatan di era digital yang digunakan para penjahat siber untuk mengambil informasi dari pengguna internet sebanyak-banyaknya. Dalan artikel ini, kita akan membahas cara-cara mengetahui tindakan phising serta membahas lebih dalam mengenai phishing, jenis-jenisnya, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi diri dari serangan phishing.

1.PENGERTIAN PHISHING

Phishing adalah praktik penipuan online di mana penyerang menyamar sebagai entitas tepercaya untuk mencuri informasi pribadi pengguna. Mereka menggunakan metode manipulasi dan rekayasa sosial untuk mengelabui korban agar mengungkapkan data sensitif mereka, yang nantinya digunakan untuk melakukan penipuan, pencurian identitas, atau kegiatan kriminal lainnya.

 

2.CARA KERJA PHISHING

Penyerang phishing biasanya menggunakan metode sebagai berikut:

a. Email Phishing : Penyerang mengirimkan email yang tampak asli, sering kali dengan tautan atau lampiran yang mengarah ke situs web palsu yang meniru institusi atau layanan yang dikenal oleh korban.

b. Phishing melalui SMS (Smishing): Penyerang mengirimkan pesan teks yang berisi tautan atau instruksi untuk mengungkapkan informasi pribadi.

c. Phishing melalui Telepon (Vishing): Penyerang menggunakan panggilan telepon untuk mendapatkan informasi sensitif dari korban dengan berpura-pura menjadi entitas tepercaya.

d. Phishing melalui Situs web Palsu: Penyerang menciptakan situs web palsu yang meniru tampilan dan nuansa situs resmi untuk meminta pengguna memasukkan informasi pribadi mereka.

 

3. JENIS-JENIS PHISHING :

a. Phishing Klasik: Penyerang menggunakan email atau pesan teks yang menarik untuk mengelabui korban agar memberikan informasi pribadi.

b. Spear Phishing: Penyerang menargetkan individu atau kelompok tertentu dengan menggunakan informasi pribadi yang dikumpulkan sebelumnya untuk membuat pesan yang tampak sah.

c. Whaling: Bentuk lanjutan dari spear phishing yang menargetkan individu yang memiliki posisi atau otoritas tinggi dalam suatu organisasi.

d. Pharming: Penyerang mengarahkan korban ke situs web palsu dengan memanipulasi sistem DNS atau menggunakan malware untuk mengubah alamat IP yang dituju.

 

4. LANGKAH-LANGKAH UNTUK MELINDUNGI DIRI DARI PHISHING :

a. Selalu periksa URL: Pastikan alamat situs web yang Anda kunjungi menggunakan protokol "https" dan memiliki sertifikat keamanan yang valid.

b. Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi: Hindari memberikan informasi sensitif melalui email, pesan teks, atau panggilan telepon yang tidak dapat dipercaya.

c. Waspadai Tautan dan Lampiran: Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.

d. Gunakan Antivirus dan Perangkat Lunak Keamanan: Selalu perbarui perangkat lunak keamanan Anda dan gunakan firewall serta program antivirus yang andal.

e. Tingkatkan Kesadaran Keamanan: Edukasi diri sendiri dan orang lain tentang taktik phishing yang umum digunakan serta tanda-tanda peringatan yang perlu diwaspadai.

           

Kesimpulan :

Phishing merupakan ancaman serius dalam dunia online. Penyerang phishing terus mengembangkan metode mereka untuk mencuri informasi pribadi pengguna yang dapat digunakan untuk tujuan jahat. Penting bagi kita untuk tetap waspada, menggunakan langkah-langkah keamanan yang tepat, dan meningkatkan kesadaran tentang phishing. Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan, kita dapat melindungi diri kita sendiri dan melawan upaya penipuan online ini.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo