Hubungi Kami       

11 Sya’ban 1445 H

Memahami Two Factor Authentication (2fa)

memahami-two-factor-authentication-(2fa).png

Keamanan data menjadi penting bagi pengguna yang sering menggunakan media sosial. Pasalnya, banyak sekali keamanan akun online disalah gunakan oleh orang opnum yang tidak bertanggungajawab. hal tersebu tentunya akan merugikan kam u dikemudian hari.

Fitur two factor autehtication adalah solusi untuk menjaga sebuah keamanan akun online yang bisa digunakan sebagai antispasi dari kejahatan cyber yang sekarang cukup ramai di masyarakat. Fitur two factor autehtication adalah sebuah fitur keamanan dimana kamu melakukan verifikasi identitas dengan dua kali.

Contoh mudahnya, saat kamu akan melakukan log in pada akun media sosial Instagram, setelah kamu mengetikkan password kombinasi biasanya kamu akan diminta kembali mengetikan kode khusus yang telah dikirim via sms.

Untuk lebih kenal, apa itu two factor autehtication simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Two Factor Authentication

Two Factor Authentication atau verifikasi dua langkah adalah sebuah fitur opsional keamanan, yang berfungsi  untuk lebih mengamankan akun anda dari berbagai kejahatan digital, salah satunya adalah peretasan. Verifikasi dua langkah sendiri sudah digunakan oleh banyak pengembang di dunia untuk mengamankan data-data milik penggunanya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

  1. Ketika menggunakan fitur two factor autehtication biasanya kamu diminta untuk mengetikan nomor telepon
  2. Jika sudah memasukan data nomor telepon, sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang telah kamu masukan
  3. Kamu akan diminta untuk mengetikan kode sms yang telah dikirimkan melalui SMS sesuai dengan kode verifikasi

Lalu, Apa Saja Fungsinya?

Fungsi verifikasi dua langkah ini yakni untuk memberikan keamanan ganda terhadap akun yang terdapat di layanan-layanan online. Sudah banyak jejaring sosial yang menggunakan seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.

Layanan online lain juga turut serta menggunakan pengamanan ini, beberapa diantaranya adalah Google, Amazon, Microsoft, DropBox, Paypal, WhatsApp dan lain-lain. Penerapan tersebut tujuannya untuk memberikan penggunanya rasa aman terhadap risiko kejahatan-kejahatan digital.

Setelah Melakukan Futir 2FA, Apakah Benar-benar akan Aman Tanpa Kecurian Data?

Tidak ada jaminan bahwa setelah melakukan fitur 2FA data online kamu akan aman tanpa kecurian data. Namun setidaknya dengan menggunakan two factor autehtication orang lain tidak akan mudah mengakses akun kamu, sebab harus terlebih dahulu memasukan kode sms verifikasi kepada nomor telepon yang sesuai dengan saat kamu daftar akun tersebut.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo