Hubungi Kami       

12 Dzulqaidah 1445 H

Yuk Coba Pahami Cara Kerja Algoritma TikTok!

yuk-coba-pahami-cara-kerja-algoritma-tiktok!.jpg

TikTok aplikasi yang sangat mendunia. Siapa yang tidak mengetahui TikTok di zaman ini? hampir semua orang mengetahui apa itu TikTok dan memiliki aplikasi tersebut di handphone mereka. Dilansir dari dataindonesia.id, aplikasi buatan Bytedance tersebut sudah memiliki sekitar 1,4 miliar pengguna aktif seluruh dunia hingga paruh pertama 2020. Indonesia menjadi negara kedua terbanyak yang menggunakan TikTok, sebanyak 99,1 juta orang.

 

Di dalam tiktok terdapat fitur For Your Page atau FYP yang menjadi daya tarik sendiri untuk para pengguna karena menampilkan video-video sesuai dengan minat para pengguna, makanya banyak pengguna yang betah scroll TikTok berjam-jam.

 

Namun perlu kalian ketahui, bahwa TikTok memiliki algoritma nya sendiri agar video-video pengguna lain dan video konten kamu di TikTok dapat FYP ke para pengguna lain sesuai dengan minat mereka. Algoritma TikTok adalah sistem kompleks yang didesain untuk menyajikan konten kepada user berdasarkan ketertarikannya.

 

Algoritma TikTok bekerja berdasarkan minat dan ketertarikan pengguna, sehingga FYP yang kamu miliki tidak akan sama dengan orang lain yang memiliki ketertarikan yang berbeda. Dengan kata lain, FYP sangat personal bagi setiap pengguna.

 

Sebenarnya tidak ada yang benar-benar tau bagaimana cara kerja algoritma TikTok karena itu adalah rahasia TikTok. Namun kalau jika diperhatikan dari cara kerja TikTok selama ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

 

Faktor yang pertama adalah User Interaction, mirip dengan Instagram. TikTok memberikan rekomendasi berdasarkan interaksi pengguna dengan konten di aplikasi. Seperti akun yang kamu ikuti, kreator yang kamu hide, komentar yang kamu post di suatu konten, video yang kamu like atau share, tambah ke favorit dan sebagainya.

 

Faktor yang kedua adalah Informasi pada video, algoritma TikTok juga bekerja berdasarkan pada informasi video sebagai preferensi untuk ditampilkan pada FYP pengguna. Informasi video yang mempengaruhi algoritma TikTok itu di antaranya, caption, sounds, hashtags, effects, trending topics.

 

Faktor yang ketiga adalah pengaturan akun dan device, Algoritma TikTok juga menjadikan pengaturan device dam akun sebagai preferensi untuk menyajikan konten FYP. Informasi penting yang mempengaruhi algoritma TikTok itu di antaranya, preferensi bahasa, pengaturan negara, tipe device yang digunakan, kategori minat kamu yang dipilih saat menjadi pengguna baru.

 

Itulah pembahasan tentang algoritma TikTok, dari mulai pengertian lalu cara kerjanya, dan sekarang kamu jadi tahu bagaimana TikTok mengetahui minat atau interest kamu di aplikasi TikTok, bukan lah suatu kebetulan tapi sudah ada sistem nya yang mengatur.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo