Hubungi Kami       

28 Syawal 1445 H

Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone

cara-mengurangi-bahaya-radiasi-handphone.png

Penggunaan handphone saat ini semakin menaik melihat kebutuhannya yang semakin penting di tengah masyarakat. Bukan hanya untuk bertukar pesan semata, aktivitas lain seperti belajar bahkan bekerja sudah dapat dilakukan melalui handhphone. Akibatnya, kebutuhan pengguna handphone saat ini memerlukan durasi waktu yang cukup lama.  

Durasi penggunaan handphone yang lama akan menimbulkan beberapa bahaya. Bahaya ini berasal dari sebuah paparan radiasi melalui handphone. Radiasi merupakan pancaran energi melalui suatu ruang atau materi dalam bentuk panas, partikel, ataupun gelombang elektro magnetic atau cahaya (foton) dari handphone sebagai sumber radiasi

Ponsel atau HP memancarkan radiasi Radio Frequency (RF) tingkat rendah. Radiasi yang dipancarkan HP merupakan suatu bentuk radiasi elektromagnetikyang dapat diserap oleh jaringan tubuh saat berdekatan dengan alat tersebut.

Pada 2011 International Agency for Research on Cancer (IARC) menyatakan bahwa radiasi HP kemungkinan bersifat karsinogenik, yang artinya mungkin saja memunculkan risiko karsinogenis. Karsinogenesis merupakan proses pembentukan kanker. Bahkan tidak hanya itu, bahaya yang ditimbulkan dari paparan sinar radiasi ini memunculkan penyakit lain seperti tumor otak, kanker, Alzheimer, Parkinson, kecapaian (fatigue), dan sakit kepala.

Untuk itu, mengatasi bahaya radiasi handphone sudah seharusnya diperhatikan untuk kita yang sering menggunakan HP dalam segala aktvitas sehari-hari lebih baik dengan melakukan hal-hal seperti berikut :

  1. Setting ke mode off line. Ini yang terpenting. Apabila handhphone sudah tidak lagi digunakan seperti hendak tidur, handphone di setel offline dengan mematikan data seluler. Hal ini akan sangat berguna karena mematikan transmitter akan mengurangi efek radiasi.
  2. Pakailah alat tambahan. Alat tambahan ini seperti hands-free atau speaker agar kepala kita tidak terlalu dekat dengan handhphone.
  3. Mengurangi penggunaan handphone. Perangkat HP seperti android atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada handphone biasa. Handphone lebih banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna. Mengurangi pemakaian smartphone merupakan langkah bijak untuk mengurangi bahaya radiasi handphone.
  4. Hindari menyimpan HP di bagian dekat tubuh. Jangan menaruh HP didekat tubuh seperti dalam saku baju atau celana. Perhatikan penempatan HP karena posisi ini akan mempengaruhi terkenanya paparan sinar radiasi.

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo