Hubungi Kami       

12 Dzulqaidah 1445 H

PERBEDAAN SSD DAN HDD

perbedaan-ssd-dan-hdd.jpg

Ada dua software penyimpanan pada laptop atau computer, diantaranya adalah SSD dan HDD, namun apakah kalian tau Apa Itu SSD dan HDD?

SSD atau Solid State Drive merupakan perangkat yang dirancang untuk menyimpan  data menggunakan serangkaiaan IC. Di dalamnya ditanamkan suatu chip sebagai media penyimpanan guna menulis maupun membaca suatu data. SSD bisa dikatakan sebagai perangkat penyimpanan yang jauh lebih baik dibandingkan HDD. Komponen yang ada di dalam SSD juga tidak bergerak, sehingga kemampuan kerjanya jauh lebih cepat.

Sedangkan HDD atau Hard Disk Drive adalah salah satu hardware yang digunakan untuk menyimpan data pada sebuah laptop atau computer. Operating system, software dan berbagai file yang ada pada laptop kita disimpan dalam drive hard disk.

Perbedaan SSD dan HDD

  1. Perbedaan SSD dan HDD dari soal harga

SSD memiliki harga yang jauh lebih mahal dari HDD, hal ini dikarenakan SSD memiliki beberapa keunggulan seperti mengenai kecepatan, dan lebih tahan lama

  1. Kenyamanan SSD dan HDD

Dalam membaca data SSD sudah menggunakan system digital, sehingga proses dalam mengolah data menjadi lebih cepat sehingga membuat konsumsi power menjadi lebih sedikit.

berbeda dengan HDD yang masih menggunakan piringan cakram bergerak, yang membuat proses pengelolaan data menjadi lebih lambat, sehingga membuat konsumsi power menjadi lebih boros.

  1. Daya tahan SSD dan HDD

Umur Hardware secara umum bergantung pada cara pemakaian pengguna. SSD diklaim dapat bertahan lebih dari 20 tahun. Namun karena HDD mempunyai daya tahan yang rendah dapat disimpulkan umur SSD lebih panjang dari HDD.

  1. Kecepatan SSD dam HDD

SSD dapat membaca dan menulis data hingga 550 MB/s sedangkan HDD mempunyai kecepatan rata-rata 60 MB/s. HDD jauh lebih lambat karena harus menunggu putaran spindle untuk mengakses data. Sedangkan SSD hanya menggunakan tenaga elektrik untuk mengakses data walaupun segmen antar data berjauhan.

  1. Berat Hardware

SSD jauh lebih ringan dari HDD karena HDD adalah komponen bergerak yang memiliki piringan, sehingga ukurannya jauh lebih besar.

Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masih-masing, itu sendiri tergantung dari budget dan kebutuhan yang kita miliki, jika kalian ingin performa cepat dan ringkas disarankan untuk memilih menggunakan SSD, namun jika kalian yang hanya membutuhkan penyimpanan besar saja, HDD masih sangat layak untuk digunakan.

Penulis : Carly Lumban Gaol

 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo