Hubungi Kami       

12 Dzulqaidah 1445 H

KENALI CYBER CRIME DAN CARA MEMINIMALISIRNYA

kenali-cyber-crime-dan-cara-meminimalisirnya.jpg

Dalam kehidupan sehari-hari kita, pastinya tidak dapat dipisahkan lagi dari dunia digital dan internet. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media sosial dan internet yang sangat memudahkan kegiatan kita dalam segala aspek. Akan tetapi disamping penggunaan media sosial yang sangat bermanfaat, ada dampak negatif yang sangat berbahaya loh temankom! Salah satu dari dampak negatif tersebut adalah cyber crime. Bagi kamu yang belum tahu apa itu cyber crime, Yuk kenali dulu mengenai apa itu cyber crime agar kamu bisa menghindarinya sedini mungkin tanpa harus mengalaminya.

Di bawah ini akan dibahas mengenai cyber crime secara lengkap dan cara meminimalisirnya. yuk simak baik-baik artikel dibawah ini !

Apa itu cyber crime?

Kejahatan cyber adalah suatu tindakan kejahatan yang berkaitan dengan komputer maupun perangkat jaringan, biasanya kejahatan ini dilakukan secara online. bahkan kejahatan cyber ini bisa menargetkan siapa saja, Jika kalian menjadi salah satu korbannya, tentu akan mengakibatkan banyak merugikan. Bahkan berpengaruh pada kondisi mental hingga kerugian secara finansial. Salah satu contoh dari cyber crime yang sangat berbahaya adalah Doxxing, yang berujung pada cyberbullying hingga pengambilan data pribadi dan menyebarkannya di internet. Tujuan dari tindakan ini sangat bermacam-macam. Mulai dari ancaman, pemerasan ,mempermalukan seseorang dan mengambil keuntungan yang lainnya. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan internet, ancaman kejahatan siber atau cyber crime semakin banyak bermunculan. Untuk melindungi diri dari berbagai aksi serangan siber tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara meminimalisirnya.

Bagaimana Sih Cara Meminimalisir kejahatan Cyber?

1. Jangan gunakan software bajakan Jika kamu menggunakan software bajakan, maka akan berpotensi mencuri dan merusak data, karena Aplikasi atau software bajakan rentan virus malware.

2. Jangan mudah percaya dan selalu waspada, jangan mudah percaya pada seseorang yang baru saja kamu kenal. Kamu harus Tetap waspada pada saat berselancar di internet hal tersebut karena banyak sekali bahaya yang dapat mengancam. Selain itu Jangan asal dalam mencari situs informasi di internet apalagi website.

3. Jangan bagikan data informasi pribadi Janganlah mengupload segala sesuatu terkait dengan data diri dan informasi pribadi kedalam media sosial, Salah satu yang sempat trend yang ramai dan menjadi trending Instagram Story adalah fitur stiker Add Yours. Melalui fitur tersebut pengguna instagram dapat mengikuti fitur tersebut dapat mengikutinya. serta memulai sebuah tantangan yang bisa dilanjutkan oleh pengguna Instagram yang lainnya. Yaitu membagikan data pribadi seperti menyebutkan nama panggilan, kota tempat tinggal dan menunjukkan tanda tangan, tempat tanggal lahir. Selain itu Ketika ada seseorang yang baru kamu kenal jangan membagikan dan memberikan informasi prinadi apapun padanya, Apalagi seseorang tersebut menjanjikan hadiah dan meminta data pribadi kamu.

4. Jangan gunakan kata sandi untuk semua akun Janganlah menggunakan satu kata sandi yang sama untuk semua akun karena mudah ditebak oleh pelaku yang mengincar akun media sosial dan akun lainnya, bahkan membajak m-banking kamu. Demikian penjelasan terkait dengan apa itu kejahatan cyber dan cara meminimalisirnya tetaplah waspada dan selalu bijak dalam menggunakan media sosial.

Sumber gambar : Securelist

Penulis : Nadira Irsalina

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
...
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo