Hubungi Kami       

6 Dzulhijjah 1445 H

BAHAYA SITUS STREAMING FILM ILEGAL

Ketika masa pandemi covid-19, masyarakat diinstruksikan untuk tetap di rumah, sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan penyebaran virus. Akhirnya kondisi pandemic ini mengubah kebiasaan masyarakat dalam menonton film. Biasanya masyarakat pergi ke bioskop untuk bisa menonton film, namun ketika pandemic masyarakat sering menonton film secara daring melalui platform layanan streaming. 

Source : Detik Sport.

Banyak masyarakat yang mengakses streaming illegal, meskipun mereka mengetahui bahwa streaming illegal berbahaya baik itu untuk pengguna maupun industri hiburan. Ada beberapa bahaya situs illegal, berikut bahaya streaming illegal: 

  • Pelanggaran Hukum: Mengakses ataupun menggunakan situs streaming illegal dapat menjadi pelanggaran hukum, karena menyebabkan masalah hukum, termasuk tuntutan hukum, bisa terkena denda, dan hukuman penjara.
  • Ancaman Keamanan: Streaming illegal seringkali tidak memiliki keamanan yang memadai, karena mengunjungi situs-situs streaming ilegal meningkatkan risiko terkena malwar, dan virus yang berpotensi merusak perangkat. 
  • Risiko Data Pribadi: Situs streaming ilegal memungkinkan mengumpulkan ataupun mengeksploitasi data pribadi pengguna tanpa izin. Maka hal ini bisa mengakibatkan pelanggaran privasi dan penyalahgunaan informasi kita.
  • Kualitas Rendah: Situs streaming ilegal sering kali memiliki kualitas yang rendah, seperti resolusi video yang buruk, ataupun audio yang buruk.

Streaming ilegal dapat memberikan dampak yang sangat buruk untuk industri hiburan khususnya industri hiburan Indonesia, karena dapat merugikan industri hiburan dengan mengurangi pendapatan yang seharusnya diterima oleh pembuat film tersebut. Hal ini sangat berdampak menghambat pertumbuhan dan inovasi dalam industri hiburan.

Maka dari itu diharapkan masyarakat Indonesia menggunakan layanan streaming resmi, waspada terhadapan iklan yang mencurigakan, dan masyarakat harus bisa memastikan situs yang digunakan memiliki reputasi yang baik, dan masyarakat juga harus periksa kebijakan privasi dan syarat pengguna pada situs yang digunakan.

-Ruth F-

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo