Hubungi Kami       

16 Syawal 1445 H

Launching Aplikasi E-Surat, SIM Wilayah dan Website Kota Bogor

Rabu, 5 November 2014, bertempat di Grand Ussu Hotel & Convention, pada acara Rapat Kerja Daerah Pemerintah Kota Bogor Semester 2 Tahun  2014, dilakukan Launching Aplikasi E-Surat, SIM Wilayah dan Website Kota Bogor.

Aplikasi Esurat adalah aplikasi pengelolaan persuratan yang digunakan di Pemerintah Daerah Kota Bogor, dibangun sejaK tahun 2013 dan dikembangkan versi Androidnya pada tahun 2014 ini. Fasilitas yang ada mencakup: Penyimpanan data surat masuk dan surat keluar beserta file pdf surat tersebut. Juga terdapat fungsi disposisi dan laporan, sehingga bisa dilakukan komunikasi dua arah.

Dengan memanfaatkan Aplikasi Esurat, kinerja pegawai bisa lebih baik, karena proses disposisi surat akan cepat dilakukan dan disposisi itu pun akan cepat diterima pegawai tanpa harus berada di depan komputer di kantor karena melihat hasil disposisi dari Androidnya.

Aplikasi SIM Wilayah adalah aplikasi pelayanan masyarakat di tingkat kelurahan. Aplikasi ini mempermudah Kelurahan untuk memproses permohonan surat-surat Keterangan dari Kelurahan. Dengan data penduduk yang bersumber dari SIAK Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota Bogor, aplikasi ini dapat menampilkan data penduduk hanya dengan memasukkan NIK pemohon.

Dengan memanfaatkan Aplikasi Sim Wilayah, pelayanan Surat Keterangan dari Kelurahan dapat terlayani dengan lebih baik. Disisi lain, Laporan Jumlah permohonan surat tertentu akan dapat cepat tersedia oleh sistem ini.

Website Kota Bogor saat ini adalah web hasil pengembangan terbaru. Dimana web Kota Bogor saat ini telah menjadi Multi Site, dimana web-web OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain sudah terintegrasi dengan website Kota Bogor. Berita yang dimasukkan oleh web OPD akan tampil di Web Kota Bogor. Selain desain web dinamis, dengan kemampuan responsive nya, tampilan web akan mengikuti lebar perangkat yang mengakses sehingga pengguna tidak perlu lagi menggeser layar.

Untuk melengkapi Web Kota Bogor, juga dibangun web Aspirasi Warga yang bisa menjadi pintu utama penyaluran aspirasi warga, baik melalui web, sms ataupun media sosial yang ada. Aspirasi warga akan dimoderasi dan diarahkan kepada admin OPD yang juga admin web OPD. Jawaban yang diberikan OPD akan ditampilkan dalam web Aspirasi Warga sehingga semua Aspirasi dan Tanggapan maupun jawaban akan terdokumentasi dengan baik sehingga bisa menjadi bahan analisa kebijakan lebih lanjut.

 

Editor : Diskominfo Kota Bogor

Share On : Twitter Facebook Google+
Boklet Terbaru

Survey Kepuasan Masyarakat

Profile DISKOMINFOSTANDI

Info SMARTCITY 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2018

Booklet Smart City Kota Bogor 2019

Booklet Smart City Kota Bogor 2020

Booklet Smart City Kota Bogor 2021

News On Kominfo